Cara Mengatasi HP Kemasukan Air, Lakukan 7 Langkah Ini!

Senin, 07 Februari 2022 - 17:35 WIB
loading...
Cara Mengatasi HP Kemasukan Air, Lakukan 7 Langkah Ini!
Cara mengatasi HP kemasukan air bisa dilakukan dengan langkah-langkah sederhana. Foto: Adobe Stock
A A A
JAKARTA - Cara mengatasi HP kemasukan air sebenarnya cukup sederhana. Tapi, tetap tidak bisa dilakukan sembarangan.

Sejumlah ponsel, terutama model flagship, umumnya memang sudah dibekali fitur tahan air dan debu IP67 atau bahkan IP68.

Tapi, jika tidak dilengkapi standar IP rating tertentu, otomatis pengguna harus lebih hati-hati. Terutama jika sewaktu-waktu ponsel basah terkena hujan, atau bahkan terendam air.

Lalu bagaimana solusinya? Sebelum membawa ke service centre atau gerai service, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk HP yang kemasukan air:

1. Lekas Matikan HP!
Solusi pertama dan yang terpenting adalah langsung mematikan ponsel saat perangkat tersebut kemasukan air atau tersiram air. Mengapa? Karena ponsel memiliki banyak komponen yang rentang rusak. Jika air masuk ke dalam ponsel menyala, besar kemungkinan terjadi korsleting listrik. Dampaknya, kerusakan bisa menyebar.

2. Segera Keringkan
Langkah kedua, segera bersihkan dan keringkan seluruh bagian HP. Termasuk bagian layar LCD/AMOLED menggunakan lap kain atau tisu. Termasuk bagian selot USB C atau micro USB.

3. Keluarkan Semua Komponen
Setelah ponsel sudah kering, maka keluarkan semua komponen di dalam ponsel. Mulai dari kartu SIM hingga micro SD. Lalu, keringkan dengan tisu atau lap.



4. Jangan Diguncang-Guncang
Tidak perlu mengguncang-guncang ponsel dengan keras. Ini dilakukan dengan harapan air bisa cepat keluar. Tapi, guncangan keras justru memperbesar risiko air untuk masuk semakin dalam dan justru merusak komponen internal.

5. Jangan Jemur Ponsel di Bawah Matahari
Menjemur ponsel di bawah sinar matahari langsung justru akan merusak komponen di dalamnya. Ada metode lain untuk mengeringkan ponsel yang lebih efektif.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5003 seconds (0.1#10.140)