Cermati, Ini Ponsel-ponsel dengan Pancaran Radiasi Terbesar

Senin, 11 April 2022 - 07:30 WIB
loading...
Cermati, Ini Ponsel-ponsel dengan Pancaran Radiasi Terbesar
Beberapa negara sangat ketat mengatur tingkat radiasi yang dimiliki sebuah ponsel pintar. Foto/All Support
A A A
JAKARTA - Sebuah studi yang dilakukan Bankless Times menemukan beberapa ponsel pintar dengan pancaran radiasi terbesar. Dalam studi itu diketahui ada 10 ponsel pintar yang sangat besar dalam memancarkan radiasi. Namun di antara sepuluh ponsel itu yang paling tinggi adalah Motorola Edge.

Metode penentuan tingginya pancaran radiasi disebutkan Bankless Times dilakukan dengan menghitung Rasio Penyerapan Spesifik atau Specific Absorption Ratio (SAR). Metode itu SAR tingkat di mana tubuh manusia menyerap gelombang medan elektromagnetik frekuensi radio (RF-EMF). Hasilnya ditentukan dalam watt per kilogram (W/Kg).

Dari itu diketahui Motorola Edge merupakan pemancar radiasi paling besar dengan nilai 1,79 W/Kg. Posisi kedua ditempati oleh ZTE Axon 11 5G dengan jumlah radiasi 1,59 W/Kg. Selain kedua ponsel itu, Axon OnePlus 6T memiliki jumlah SAR 1,55 W/Kg hingga menempati posisi ketiga.



Cermati, Ini Ponsel-ponsel dengan Pancaran Radiasi Terbesar


Menariknya dari daftar 10 besar, ponsel buatan Google justru mendominasi. Terdapat tiga ponsel buatan Google yang ada di daftar tersebut. Pixel 3XL dan variannya Pixel 3a XL menempati posisi kelima dengan SAR 1,39 W/Kg. Selanjutnya, model Pixel 4a-nya memiliki skor 1,37 W/Kg. Juga, Google Pixel 3, mengambil posisi kesembilan dengan SAR 1,33W/Kg.

Bankless Times mengatakan pengukuran radiasi yang dihasilkan oleh ponsel memang perlu dilakukan. Terlebih lagi saat ini produsen ponsel memang tidak mengedukasi pengguna akan bahayanya radiasi ponsel.



Di beberapa negara menurut mereka radiasi ponsel bahkan sudah diatur sangat ketat. Misalnya di Amerika Serikat yang hanya mengizinkan ponsel dengan tingkat radiasi maksimal 1,6 W/Kg bisa beredar di wilayah mereka.

"Penting untuk dicatat bahwa semua ponsel memancarkan beberapa tingkat radiasi. Tetapi volume radiasi bervariasi tergantung banyak faktor. Ini termasuk jenis perangkat dan modelnya, usianya, dan kekuatan antena pemancarnya. Faktor lainnya adalah jarak dari menara seluler terdekat," tulis Bankless Times.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3194 seconds (0.1#10.140)