Pertama Kalinya Dalam 18 Tahun, Pengguna Harian Facebook Menurun

Kamis, 03 Februari 2022 - 19:25 WIB
loading...
Pertama Kalinya Dalam 18 Tahun, Pengguna Harian Facebook Menurun
Untuk pertama kalinya dalam 18 tahun berdirinya Facebook, pengguna harian mengalami penurunan. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Untuk pertama kalinya dalam 18 tahun berdirinya Facebook , pengguna harian mengalami penurunan. Menurunnya jumlah pengguna harian Facebook diduga karena meningkatnya pertumbuhan para pesaing mereka seperti TikTok dan YouTube.

Dikutip dari BBC News, Kamis (3/2/2022), induk perusahaan Facebook, Meta Networks mengatakan pengguna aktif harian (DAU) turun menjadi 1,929 miliar dalam tiga bulan hingga akhir Desember, dibandingkan dengan 1,930 miliar pada kuartal sebelumnya.

Kepala eksekutif Meta Networks Mark Zuckerberg mengatakan pertumbuhan penjualan perusahaan telah berkurang karena pengguna yang lebih muda beralih ke aplikasi saingan.



"Hal yang agak unik di sini adalah bahwa TikTok sudah menjadi pesaing yang sangat besar dan pertumbuhannya juga sangat cepat," katanya.

Untuk menyiasati ini, perusahaan telah melakukan investasi dalam video untuk bersaing dengan TikTok - yang dimiliki oleh raksasa teknologi Cina ByteDance.

Zuckerberg mengatakan dia yakin investasi dalam video dan realitas virtual akan terbayar, seperti taruhan sebelumnya pada iklan seluler dan cerita Instagram.

Tapi, dia mencatat, perusahaan tidak harus bersaing dengan saingan utama selama pergeseran strategi sebelumnya. "Tim melakukan eksekusi dengan cukup baik dan produk berkembang sangat cepat," katanya.



Meta, yang memiliki platform periklanan digital terbesar kedua di dunia setelah Google, juga mengatakan telah terkena perubahan privasi pada sistem operasi Apple.

"Perubahan telah mempersulit merek untuk menargetkan dan mengukur iklan mereka di Facebook dan Instagram dan dapat berdampak untuk tahun ini," Kepala Keuangan Meta Dave Wehner.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5374 seconds (0.1#10.140)