Samsung Bawa Teknologi Layar TV Baru di CES 2022, Apa Saja?

Senin, 03 Januari 2022 - 18:08 WIB
loading...
Samsung Bawa Teknologi Layar TV Baru di CES 2022, Apa Saja?
Samsung mengenalkan layar Micro LED, NEO QLED, dan Lifestyle TV 2022. Tampak teknologi layar Micro LED Samsung. Foto: dok Samsung
A A A
JAKARTA - Peran layar berubah dramatis dalam beberapa tahun terakhir seiring kemajuan teknologi. ”Karena hiburan di distribusikan lewat layar. Pengalaman video dan audio imersif jadi penting,” ujar Simon Sung, Executive Vice President and Head of the Sales & Marketing Team of the Visual Display Business at Samsung.

Karena itu, di Consumer Electronics Show 2022 Samsung mengenalkan teknologi layar baru. Mulai Micro LED, Neo QLED, serta Lifestyle TV.





Micro LED
Disebut puncak teknologi layar. Terdiri dari 25 juta LED berukuran mikrometer yang secara individual menghasilkan cahaya dan warna. Di CES 2022, Samsung akan menampilkan Micro LED dalam ukuran 110 inci, 101 inci, dan 89 inci.

Micro LED mendukung greyscale 20-bit, 100% color gamut DCI dan Adobe RGB, serta 99,99% screen-to-body ratio.

Mode Art membuat layar jadi lukisan yang menempel di dinding. Multi View membuat pengguna bisa melihat konten dari empat sumber berbeda dari empat port HDMI dalam resolusi 4K 120fps. Speakernya sudah mendukung Dolby Atmos.

Neo QLED
Neo QLED disegarkan dengan prosesor Quantum. Teknologi barunya adalah advanced contrast mapping dengan BLU (back-light unit), meningkatkan tingkat kecerahan dari 12 hingga 14-bit gradasi untuk kontrol sumber cahaya (Quantum Mini LED).

TV bisa mengontrol pencahayaannya di 16.384 tingkat, empat kali lipat dari 4.096 di model sebelumnya. Teknologi Shape Adaptive Light baru memanfaatkan Neo Quantum Processor untuk menganalisis garis, bentuk, dan permukaan bentuk cahaya.

Fitur lainnya, ada mode EyeComfort, OTS (Object Tracking Sound) yang mengarahkan suara untuk bergerak melintasi ruangan bersama-sama dengan obyek yang bergerak di layar, Dolby Atmos, serta speaker multi-channel.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4409 seconds (0.1#10.140)