Pesta Kembang Api Tahun Baru Akan Diganti Drone yang Menari

Jum'at, 31 Desember 2021 - 15:48 WIB
loading...
Pesta Kembang Api Tahun Baru Akan Diganti Drone yang Menari
Peminat drone untuk pertunjukkan semakin meningkat, karena dinilai lebih tidak berisik dan ramah lingkungan dibanding kembang api. Foto: ist
A A A
INGGRIS - Tak lama lagi acara-acara pergantian tahun tidak lagimemakai pesat kembang api. Sebagai gantinya adalah parade drone yang menari.

Dalam beberapa tahun terakhir, penggunaan parade drone untuk pertunjukkan cahaya semakin populer. Begitu populernya, hingga bisa memudarkan daya tarik pesta kembang api.



Contoh terbesarnya ada di upacara pembukaan Olimpiade Tokyo belum lama ini. Bahkan, acara Over the Top NYE di Reunion Tower di Dallas, Texas, termasuk yang berencana menggabungkan kembang api dan drone untuk menyambut 2022.

Pesta Kembang Api Tahun Baru Akan Diganti Drone yang Menari

Pertunjukkan parade drone di upacara pembukaan Olimpiade Tokyo pada Juli 2021.Foto: VCG/Getty Images

Ollie Howitt dari SkyMagic mengaku menggunakan 300 unit drone untuk menciptakan pertunjukkan cahaya di London pada 2021 silam. Sejak itu, menurut Ollie permintaan terhadap drone untuk pertunjukkan besar terus meningkat.

Ia menyebut ada sejumlah keuntungan memakai drone di langit dibandingkan kembang api. Pertama, tidak berisik sehingga tidak mengganggu. Lalu, drone juga bisa bertahan lebih lama di langit dibandingkan kembang api.

Pesta Kembang Api Tahun Baru Akan Diganti Drone yang Menari

”Juga, drone bisa terbang di wilayah yang populasinya lebih padat dan bisa diatur untuk membentuk berbagai formasi tertentu. Mulaicorak spesifik, bahkan menyerupai orang dan binatang,” katanya.

Robert Neff, GM pusat perbelanjaan Mercia Marina di Derbyshire, Inggris, menyebut bahwa pertunjukkan drone sudah semakin lumrah. Alasan utama ia memilih drone saat membuat acara dibandingkan kembang api karena suara. ”Kembang api punya dampak buruk terhadap hewan peliharaan, mulai anjing, kucing, hingga hewan liar. Mereka jadi stres,” katanya.

Ollie Howitt menambahkan bahwa keuntungan drone dibandingkan kembang api karena tidak ada emisi, bisa digunakan lagi, juga tidak meninggalkan sampah atau kotoran.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1996 seconds (0.1#10.140)