Menkominfo Minta Operator Seluler Bunuh Jaringan 3G

Rabu, 29 Desember 2021 - 20:04 WIB
loading...
Menkominfo Minta Operator Seluler Bunuh Jaringan 3G
Tampak salah satu BTS milik operator seluler XL Axiata. Operator terus mengembangkan jaringan 4G serta mulai fokus pada 5G. Foto: dok XL Axiata
A A A
JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate meminta para operator seluler untuk menghapus jaringan 3G di layanan mereka.

Johnny menyebut bahwa saat ini jaringan 4G yang telah jadi tulang punggung telekomunikasi nasional.



”Jaringan 4G ini tulang punggung telekomunikasi nasional. Secara bertahap sudah saya minta kepada operator seluler untuk fade-out 3G,” ujarnya Menteri Johnny saat gelaran Retrospeksi 2021 dan Outlook 2022 Kementerian Kominfo secara virtual.

Lebih lanjut, ia menyebut sejumlah alasan mengapa harus 3G yang dihapuskan bukan yang lebih lawas seperti 2G. Karena ternyata keduanya berbeda penggunannya.

”Kalau 2G itu komunikasi suara, sementara 3G komunikasi data. 3G komunikasi yang lamban, pesaingnya adalah 4G komunikasi data yang lebih cepat,” ungkapnya.

Sembari menanti jaringan 3G sepenuhnya dihapuskan, Menteri Johnny menyebut bahwa Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) Kementerian Kominfo terus melakukan pembangunan BTS 4G di daerah pelosok.

”Jangan kaget apabila nanti kecepatan internet tinggi ada di wilayah 3T (terdepan, terpencil, dan tertinggal) serta sebagian wilayah komersial yang masih menggunakan 3G, maka layanan kecepatan jauh lebih kurang. Tapi, jangan sampai kita mengkategorikan kalau daerah itu kurang, termasuk masuk wilayah 3T juga,” pungkasnya.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.2470 seconds (0.1#10.140)