Tiga Pekan Memakai Huawei nova 9 Tanpa GMS, Gimana Rasanya?

Minggu, 26 Desember 2021 - 21:05 WIB
loading...
Tiga Pekan Memakai Huawei nova 9 Tanpa GMS, Gimana Rasanya?
Layanan Google Mobile Service tidak tersedia di Huawei nova 9. Tampak tampilan Instagram Sindonews. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - Pembeli ponsel Huawei akan selalu khawatir soal ini: tidak ada Google Mobile Service (GMS) di ponsel terbaru Huawei nova 9 . Bagaimana dampaknya? Adakah solusinya?

Apa sih yang dimaksud GMS? GMS adalah koleksi software dan API dari Google di smartphone Android. Dengan GMS, maka pengguna tidak hanya bisa mengakses toko aplikasi Google Play Store, tapi juga bisa menjalankan layanan Google seperti Gmail, YouTube, Google Search, Google Maps, dan lainnya.



Maka wajar jika pengguna khawatir. Sebab layanan-layanan Google itu sangat dekat dengan kehidupan mereka.

Bergantung pada Huawei App Gallery
Tiga Pekan Memakai Huawei nova 9 Tanpa GMS, Gimana Rasanya?

Tampilan Huawei App Gallery di Huawei nova 9. Foto-foto: Sindonews/Danang Arradian

Tanpa Google Play Store, maka kebutuhan aplikasi pengguna bergantung sepenuhnya di Huawei App Gallery.

Brand smartphone memang sudah punya toko aplikasi alternatif selain Google Play Store. Samsung punya Galaxy Store, Xiaomi punya Mi Store, ada Asus Store, dan juga Huawei App Gallery.

Pertanyaannya, seberapa lengkap toko aplikasi Huawei App Gallery? Jawabnya, walau tidak selengkap Google Play Store, tapi sudah sangat baik. Bisakah mengakomodir semua kebutuhan pengguna? Jawabnya bisa.

Secara keseluruhan, Huawei Indonesia selama beberapa tahun terakhir ini terus agresif untuk berkolaborasi dengan developer dan berabagai perusahaan di Indonesia agar bisa menempatkan aplikasi mereka di Huawei App Gallery.

Dan itu sudah membuahkan hasil. Aplikasi-aplikasi perbankan sudah sangat lengkap. Begitupun e-commerce maupun layanan transportasi online.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1761 seconds (0.1#10.140)