Google Hapus Aplikasi Color Messages karena Terdapat Malware Joker

Minggu, 19 Desember 2021 - 11:01 WIB
loading...
Google Hapus Aplikasi Color Messages karena Terdapat Malware Joker
Google hapus aplikasi Color Messages dari Google Play Store karena mengandung malware Joker.
A A A
JAKARTA - Google menghapus sebuah aplikasi yang mengandung malware Joker dari Google Play Store bernama Color Messages. Sebelum dihapus, aplikasi tersebut telah diinstal lebih dari 500.000 kali.

Pradeo Security melalui ars Technica menyebut bahwa aplikasi tersebut terinfeksi malware Joker dan tampaknya terhubung dengan server Rusia.

Mengutip laman Phone Arena, Minggu (19/12/2021), berdasarkan analisis Pradeo, aplikasi Color Messages mengakses daftar kontak pengguna. Tak hanya itu ia membuat korban berlangganan layanan berbayar premium tanpa sepengetahuan pengguna.



Itu memang menjadi karakteristik malware Joker yang dikenal sebagai Fleeceware karena mensimulasikan klik dan penyadapan pesan SMS untuk mendaftarkan pengguna ke layanan premium tersebut.

Malware juga menggunakan kode sesedikit mungkin membuat Joker sulit dideteksi. Laporan tersebut mencatat bahwa dalam dua tahun terakhir, malware Joker ditemukan di ratusan aplikasi.

Adapun Color Messages, meskipun telah dihapus dan tidak lagi tersedia dari Google Play Store, tapi bagi yang sudah menginstal aplikasi di ponsel masih harus menghapusnya secara manual.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2264 seconds (0.1#10.140)