Semut Ternyata Punya Media Sosial seperti Manusia

Kamis, 09 Desember 2021 - 09:02 WIB
loading...
Semut Ternyata Punya Media Sosial seperti Manusia
Peneliti mengungkap bahwa semut punya media sosial seperti manusia. FOTO/ IST
LONDON - Baru-baru ini seorang ilmuwan mengungkap bahwa semut memiliki media sosial atau jejaring sosial seperti halnya manusia. Bahkan sistem Medsos semut lebih canggih dari bikinian manusia.

Adria LeBoeuf, asisten profesor dan pemimpin Laboratorium Cairan Sosial di Universitas Fribourg di Swiss mengungkap jika manusia alih-alih bertukar informasi melalui posting dan komentar, mereka memuntahkan cairan ke mulut satu sama lain.

BACA JUGA - Dinilai Tak Mampu Blokir Ujaran Kebencian, Pengungsi Rohingya Gugat Facebook

mengatakan sebagian besar serangga memiliki usus depan, usus tengah, dan usus belakang. "Namun, untuk serangga sosial, usus depan telah menjadi semacam 'perut sosial,'" kata LeBoeuf, penulis utama studi baru yang menjelaskan temuan tersebut. Temuan ini dipublikasikan 2 November di jurnal eLife.



Dia menambahkan isi usus tengah dan usus belakang dicerna, sedangkan isi usus depan dimaksudkan untuk dibagikan,

Trophallaxis, atau tindakan memuntahkan makanan ke dalam mulut organisme lain, sangat umum pada spesies yang sangat sosial seperti semut.

Selama peristiwa trofalaksis, nutrisi dan protein diteruskan dari perut sosial satu individu ke perut lainnya, dan melalui serangkaian pertukaran ini, semut menciptakan "sistem peredaran darah sosial" yang menghubungkan setiap anggota koloni.

Semut kayu (Camponotus) terus-menerus memberikan nutrisi ini satu sama lain dengan cara ini. “Jika Anda melihat satu koloni, dalam satu menit Anda mungkin melihat 20 peristiwa trofalaksis," kata LeBoeuf kepada Live Science.

"Sekitar lima tahun lalu, kami menerbitkan sebuah makalah yang mengkarakterisasi fakta bahwa ketika semut melakukan trophallaxis, mereka tidak hanya membagi makanan eksternal," kata LeBoeuf, mengacu pada laporan tahun 2016 di jurnal eLife.
halaman ke-1
Komentar Anda
TEKNO UPDATE