Ngeri dan Kagum, Robot Humanoid Ini Bisa Ciptakan Ekspresi Wajah

Senin, 06 Desember 2021 - 11:37 WIB
loading...
Ngeri dan Kagum, Robot Humanoid Ini Bisa Ciptakan Ekspresi Wajah
Robot humanoid Ameca bisa menirukan ekspresi manusia dengan sangat akurat. Foto: dok Engineered Arts
AMERIKA - Robot humanoid memasuki babak baru yang semakin mirip dengan manusia. Ini setelah Engineered Arts, produsen robot humanoid asal Inggris baru saja memamerkan kreasinya dalam video yang diposting di YouTube.

BACA JUGA: Kejahatan Siber di Indonesia Tinggi, Ini 5 Cara Jaga Data Kita Aman

Robot terbaru mereka itu dinamai Ameca. Ameca sangat unik, karena bisa menampilkan serangkaian ekspresi wajah yang sangat mirip seperti manusia. Di awal video, Ameca tampak menunjukkan ekspresi seperti baru saja ”bangun”, karena wajahnya menunjukkan campuran kebingungan dan frustrasi saat membuka matanya.

Tapi ketika Ameca mulai melihat tangan dan lengannya, robot itu membuka mulutnya dan mengangkat alisnya dan membuat ekspresi wajah seperti keheranan.

Ngeri dan Kagum, Robot Humanoid Ini Bisa Ciptakan Ekspresi Wajah

Di akhir video, Ameca tersenyum dan mengulurkan tangan menyambut penonton. Meski dapat membuat ekspresi wajah, Ameca tidak dapat berjalan, atau melakukan parkour seperti yang dilakukan robot Atlas Boston Dynamics.



Dilansir dari laman The Verge, Senin (5/12), Engineered Arts mengatakan bahwa robot itu saat ini masih akan terus dikembangkan. Terkait apakah Ameca beroperasi menggunakan AI, Engineered Arts menjelaskan bahwa kemampuan AI nanti akan diserahkan kepada pengembang. Mereka hanya menangani bodi ultra-realistis saja.

Maksudnya, Engineered Arts hanya membuat robot yang bisa sangat mirip dengan manusia. Namun, kecerdasan buatan yang jadi otak robot tersebut nanti akan diserahkan ke perusahaan terpisah yang memang berfokus disitu.

Ngeri dan Kagum, Robot Humanoid Ini Bisa Ciptakan Ekspresi Wajah

Engineered Arts juga mengembangkan robot realistis lainnya bernama Mesmer. Mereka mengaku menggunakan pemindaian 3D dari manusia yang sebenarnya untuk memberikan struktur tulang yang akurat, tekstur kulit, dan ekspresi wajah seperti aslinya.

BACA JUGA: Huawei Sediakan Teknologi Hijau untuk Bantu Indonesia Capai Karbon Netral

Dalam sebuah video yang diposting hanya beberapa waktu setelah Ameca showcase, Mesmer membuat serangkaian ekspresi yang terlihat lebih meyakinkan, mengingat robot ini memiliki fitur kulit dan wajah yang lebih hidup daripada yang dimiliki Ameca saat ini.
(dan)
Komentar Anda
TEKNO UPDATE