Pascaerupsi Gunung Semeru, Kominfo: Telekomunikasi Sedang Dipulihkan

Minggu, 05 Desember 2021 - 17:02 WIB
loading...
Pascaerupsi Gunung Semeru, Kominfo: Telekomunikasi Sedang Dipulihkan
Erupsi Gunung Semeru ini berdampak terhadap pasokan arus listrik dan kondisi infrastruktur telekomunikasi. Foto/Antara
A A A
JAKARTA - Gunung Semeru di Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, meletus dan mengeluarkan erupsi, Sabtu 4 Desember 2021 sore.

Erupsi Gunung Semeru ini berdampak terhadap pasokan arus listrik dan kondisi infrastruktur telekomunikasi milik operator seluler sehingga mengganggu layanan jaringan telekomunikasi di beberapa lokasi.

Juru Bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Dedy Permadi, proses pemulihan sedang dilakukan namun terkendala kondisi wilayah yang masih berbahaya.



"Sesuai update yang kami terima pagi ini, beberapa BTS site yang dioperasikan oleh Telkomsel, Indosat, XL dan Smartfren mengalami pemadaman listrik yang dilakukan oleh PLN," ujarnya dalam keterangan tertulis, Minggu (5/12/2021).

Saat ini tindakan pemulihan dan mitigasi pun sedang dilakukan, seperti menyiapkan back up genset dan lainnya.

Sementara untuk operator lainnya yakni Telkom, Fiberstar, dan Biznet, erupsi Gunung Semeru memutus jaringan kabel telekomunikasi ( backbone ) operator seluler.



Proses pemulihan pun juga tengah diupayakan, namun terkendala karena status beberapa daerah masih berbahaya sehingga masih belum mengizinkan adanya kegiatan apapun.

Saat ini tim sedang mencari backup jaringan yang tersedia dan mencari jalur alternatif yang terdekat dengan jalur existing untuk pemulihan jaringan telekomunikasi bagi masyarakat di sekitar lokasi terdampak erupsi Gunung Semeru.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2092 seconds (0.1#10.140)