Perhatikan 3 Hal Penting Ini Agar Terhindar dari Peretasan Data

Senin, 25 Oktober 2021 - 19:04 WIB
loading...
Perhatikan 3 Hal Penting Ini Agar Terhindar dari Peretasan Data
Kebocoran data pribadi pengguna dari penyelenggara sistem elektronik (PSE) belakangan ini kian marak terjadi. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Kebocoran data pribadi pengguna dari penyelenggara sistem elektronik (PSE) belakangan ini kian marak terjadi. Salah satu yang masih hangat jadi perbincangan adalah kasus dugaan peretasan data KPAI dan Bank Jatim.

Mengenai kebocoran data ini, Juru Bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Dedy Permadi meminta para PSE memperhatikan tiga hal penting ini agar terhindar dari peretasan.

Pertama adalah terkait dengan perbaikan tata kelola perlindungan data pribadi. Kedua adalah terkait dengan peningkatan sumber daya manusia atau SDM untuk mengoptimalkan perlindungan data pribadi.



Dan yang terakhir adalah perbaikan, pemutakhiran, upgrading teknologi keamanan pelindungan data pribadi.

Selain dari tenaga ahli dan pemutakhiran teknologi , Kominfo juga meminta masyarakat ikut andil dalam memahami literasi digital.

"Tiga poin itu ditambah satu hal yang mungkin perlu kami sampaikan juga kepada masyarakat secara umum, karena ini terkait dengan literasi pelindungan data pribadi," kata Dedy saat ditemui di Kantor Kominfo, Senin (25/10/2021).

Jadi ia mohon kepada seluruh masyarakat Indonesia, untuk bersama-sama mendukung perlindungan data pribadi ini dengan meningkatkan literasi, awareness, dan kesadaran untuk melindungi data pribadi kita masing-masing.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1713 seconds (0.1#10.140)