Hapus Segera dari HP Anda, Ini Daftar 25 Aplikasi Android Berbahaya 2021!

Jum'at, 22 Oktober 2021 - 18:11 WIB
loading...
Hapus Segera dari HP Anda, Ini Daftar 25 Aplikasi Android Berbahaya 2021!
Malware di Android bisa berdampak destruktif, mulai data pribadi yang dicuri hingga iklan yang mengganggu. Foto: ist
JAKARTA - Malware atau malicious software merujuk pada perangkat lunak (software) berbahaya yang bisa ditemukan di ponsel Android.

Malware di Android bekerja dengan cara menyusup ke dalam sebuah aplikasi. Mereka memperdaya pengguna Android untuk memberi izin mengakses informasi pribadi. Lalu, mengeksploitasi informasi tersebut.

BACA JUGA: 5 Fitur Rahasia Xiaomi Redmi 10 yang Bikin Performa Meningkat

Ciri-ciri ponsel disusupi malware sebenarnya bisa terlihat dari beberapa hal. Misalnya, pengguna sering melihat iklan yang tiba-tiba muncul terlepas aplikasi yang dipakai. Bisa juga baterai ponsel cepat habis. Atau, ada aplikasi yang tidak dikenali di ponsel.



Tidak hanya membombardir dengan iklan, malware berbahaya bisa mengakses informasi pribadi. Mulai dari kredensial perbankan, nomor ponsel, alamat email, hingga daftar kontak.

Jangan panik, malware bisa dicegah dan dihilangkan. Misalnya dengan melakukan update software terbaru sehingga ponsel lebih terlindungi.

Lalu, jangan asal mengunduh aplikasi—terutama APK—dari sumber yang tidak jelas. Menginstal aplikasi Antivirus juga bisa membantu.

Yang jadi masalah, terkadang malware bisa menyelinap di aplikasi-aplikasi yang terlihat normal. Tanpa diketahui, di dalamnya tersisipi malware.

Nah, berikut adalah 25 malware di Android yang sangat berbahaya sepanjang 2021. Jika Anda menemukan aplikasi-aplikasi ini di ponsel Anda, segera hapus jika tidak ingin data dan informasi pribadi terekspose oleh orang-orang tidak bertanggung jawab.
halaman ke-1
Komentar Anda
TEKNO UPDATE