Percantik Foto Produk, UMKM Bisa Gunakan Aplikasi Editing Ini

Kamis, 21 Oktober 2021 - 13:25 WIB
loading...
Percantik Foto Produk, UMKM Bisa Gunakan Aplikasi Editing Ini
Hasil foto produk dengan editing yang baik bisa menambah estetika, mempercantik tampilan, serta menambah informasi. Foto: dok Meyani Photography
A A A
JAKARTA - Menggunakan smartphone, UMKM bisa menghasilkan foto produk yang estetik untuk menarik minat konsumen. Aplikasi editing juga penting untuk memberi sentuhan akhir yang cantik dan informatif.



Aplikasi editing foto di ponsel jadi unsur penting untuk membuat foto yang cantik. Bahkan, apabila pemilik UMKM bisa menguasai aplikasi editing, maka bisa menutupi kemampuan memotret yang kurang. Hasil foto yang biasa saja, bisa terlihat dramatis dan bahkan istimewa dengan editing yang pas.

Percantik Foto Produk, UMKM Bisa Gunakan Aplikasi Editing Ini

Hal tersebut disampaikan oleh pelatih fotografi UMKM, Meyani Kristina Ningrum, yang menggunakan OPPO A16 untuk membuat foto produk. OPPO A16 memiliki tiga kamera dengan resolusi 13MP, 2MP dan 2MP. Sementara kamera depannya 8 MP. Menurut Meyani, ponsel Rp2 jutaan itu sangat cukup untuk membuat foto produk yang estetik. Nah, berikut beberapa rekomendasi aplikasi editing menurut Meyani:

1. Lightroom Mobile
Percantik Foto Produk, UMKM Bisa Gunakan Aplikasi Editing Ini

Hasil foto yang sudah di edit menggunakan Adobe Lightroom. Foto-foto: dokMeyani Kristina Ningrum

Adobe Lightroom hadir dengan konsep freemium. Ada fitur yang dapat digunakan secara cuma-cuma alias gratis. Tapi, ada juga fitur yang berbayar untuk mengaksesnya. Tapi, sebenarnya di fitur gratis pun sudah banyak sekali yang bisa dilakukan penggunanya. Keunggulan lain Lightroom adalah fitur preset atau penyetelan otomatis yang bisa di unduh.

2. Canva
Percantik Foto Produk, UMKM Bisa Gunakan Aplikasi Editing Ini

Hasil foto produk yang telah dipercantik dengan aplikasi Canva.

Dengan Canva, semua orang bisa menjadi desain grafis tanpa perlu keahlian khusus. Karena aplikasi berbasis cloud ini sangat mudah digunakan. Bisa di akses memakai laptop atau smartphone. Ada banyak sekali template yang siap pakai. Pengguna bisa menghias fotonya dengan berbagai font atau template yang indah.

3. Remove.bg
Aplikasi Remove Background ini penting. Bisa diunduh gratis di ponsel. Gunanya untuk menghilangkan latar foto yang tidak penting. Pengguna cukup memasukkan foto, lalu klik remove background. Foto jadi terlihat lebih fokus dan profesional.

4. InCollage
Aplikasi ini penting untuk membuat kolase foto. Tinggal pilih beberapa foto yang ingin ditampilkan dalam satu frame. Pengguna bisa memilih frame dan bentuk kolase yang diinginkan. Meyani menyarankan jangan terlalu banyak foto dalam satu kolase.



5. Snapseed
Percantik Foto Produk, UMKM Bisa Gunakan Aplikasi Editing Ini

Snapseed merupakan aplikasi edit foto buatan Google. Aplikasi ini bisa di akses gratis dan sangat powerful. Dengan Snapseed, pemilik UMKM bisa menghapus background, mengubah pencahayaan, dan lainnya.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3806 seconds (0.1#10.140)