7 Tips Memotret Tanaman Hias Menggunakan OPPO A16

Kamis, 14 Oktober 2021 - 17:05 WIB
loading...
7 Tips Memotret Tanaman Hias Menggunakan OPPO A16
Pemilik Inn and Props Audrey dan Keno menjual tanaman hias lewat Instagram, Shopee, dan Tokopedia. Foto: dok OPPO Indonesia
A A A
JAKARTA - Audrey dan Keno, pendiri toko tanaman hias online Inn and Props, menyadari pentingnya visual saat berjualan online. Karena itu, mereka benar-benar fokus untuk membuat foto tanaman jualan mereka jadi estetik sehingga menarik konsumen.

Menurut Keno, selama pandemi memang peminat tanaman hias terus meroket. Karena itu, ia beranggapan bahwa bisnis tanaman hias tidak akan pudar dengan cepat. ”Karena ini tidak hanya terjadi di Indonesia, tapi juga di luar negeri. Tren tanaman hias sekarang sangat berbeda dengan tren Gelombang Cinta atau Anthurium dulu yang cepat naik dan cepat turun,” katanya di ajang Re-Energize with OPPO A16 di Bogor (8/10).



Inn and Props memang fokus berjualan di tanaman hias secara online. Omzet mereka per bulannya bisa mencapai puluhan juta.

Menurut Audrey, kunci berjualan tanaman secara online ada pada tampilan visual. Penting bagi mereka untuk membuat foto yang sangat detil. Betapa tidak, beberapa jenis tanaman tertentu seperti Monstera harga per daunnya bisa mencapai Rp2 juta-Rp2,5 juta.

Memanfaatkan ponsel OPPO A16 yang dimiliki, Audrey dan Keno membagikan tips bagaimana untuk memotret tanaman yang estetik dan menarik, yang mereka bagikan di akun Instagram @innandprops dengan lebih dari 19 ribu followers:

1. Gunakan Smartphone, Karena Cepat dan Mudah
7 Tips Memotret Tanaman Hias Menggunakan OPPO A16

Audrey lebih suka memotret memakai smartphone OPPO A16 dibanding DSLR karena lebih cepat dan praktis. ”Tidak perlu transfer file dari kamera ke ponsel. Foto yang diambil pun bisa langsung di edit dan di bagikan. Jauh lebih cepat dan tidak boros waktu,” katanya.

2. Memotret Lebih Dekat
7 Tips Memotret Tanaman Hias Menggunakan OPPO A16

Tanaman memiliki tekstur berbeda-beda. Audrey tidak ragu untuk menggunakan mode Macro di OPPO A16 untuk mendapat detil dan tekstur dari tanaman. Sekaligus menunjukkan bagaimana kondisi dan kualitas daun tanaman yang dijual.

3. Foto Bokeh
Manfaatkan lensa Tele di OPPO A16 untuk membuat tanaman tampil bokeh. Ini untuk mempertegas detil tanaman, juga menambah efek dramatis. Karena umumnya konsumen Indonesia menyukai foto dengan tampilan bokeh.

4. Ekperimen dengan Angle
7 Tips Memotret Tanaman Hias Menggunakan OPPO A16

Tidak ada satu angle terbaik untuk tanaman, karena bentuknya berbeda-beda. Karena itu, Audrey biasanya bereksperimen untuk memotret dari banyak angle. Mulai dari bawah, samping, atau bahkan dari atas.

5. Basahi Bunga/Tanaman
Bunga atau tanaman yang terlihat basah menambah estetika. Karena itu, bisa tambahkan sedikit air pada objek foto atau memotretnya setelah hujan agar hasilnya terlihat lebih alami. Selain itu, sebelum tanaman dipotret, ia menyarakan untuk mengelap daun, agar terlihat lebih kinclong.

6. Background Kontras
7 Tips Memotret Tanaman Hias Menggunakan OPPO A16

Audrey justru tidak menyukai background yang seirama warnanya. Ia lebih suka background yang kontras. Sehingga tanaman lebih tampil dan menonjol.

7. Cari Inspirasi
7 Tips Memotret Tanaman Hias Menggunakan OPPO A16

Audrey mendorong pemula untuk mencari referensi di media sosial seperti Instagram dan Pinterest. ”Silahkan lihat postingan komunitas tanaman, kemudian dicoba-cobanya sendiri,” ujarnya.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1544 seconds (0.1#10.140)