4 Keunggulan Telegram Dibandingkan Whatsapp

Rabu, 13 Oktober 2021 - 21:05 WIB
loading...
4 Keunggulan Telegram Dibandingkan Whatsapp
Keunggulan Telegram dibandingkan WhatsApp cukup banyak, yang membuat platform tersebut tetap memiliki pengguna loyal. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Keunggulan Telegram dibandingkan WhatsApp membuat plaftorm tersebut tetap memiliki pengguna setia. Ada yang tetap memakai WhatsApp, tapi juga menggunakan Telegram untuk fitur-fitur tertentu.

Faktanya, Telegram memang memiliki fitur-fitur unik yang membedakan aplikasi tersebut dibandingkan WhatsApp atau Line. Mulai sistem keamanan, fitur permainan seru, hingga fitur pesan rahasia.



Bahkan, Telegram memiliki 4 fitur rahasia yang masih belum banyak diketahui. Penasaran? Berikut rinciannya:

1. Cari pengguna lewat fitur Find People by Location
4 Keunggulan Telegram Dibandingkan Whatsapp

Telegram mengizinkan pengguna menemukan grup dan teman yang baru dari lokasi sekitar mereka. Meski demikian, pengguna dan grup harus mengaktifkan fitur ini juga agar bisa ditemukan.

Jadi, apabila grup atau pengguna yang dicari belum mengaktifkan fitur ini, maka tidak bisa ditemukan lewat Telegram. Untuk menggunakannya, masuk ke tab Contacts dan berikan izin lokasi saat ditanyakan.

2. Atur pesan masuk di grup lewat Slow Mode

Telegram mengizinkan penggunanya menambahkan anggota grup hingga 200.000 orang. Dengan fitur ini bisa dibayangkan berapa banyak pesan yang di dapatkan setiap hari dari satu grup saja.

Agar pengguna tidak merasa overwhelmed, admin grup mempunyai opsi ‘Slow Mode’, yakni fitur menjadwalkan waktu tertentu bagi anggota grup sebelum mereka bisa mengirimkan pesan berikutnya ke grup tersebut.

Caranya, masuk ke grup dan klik Edit > Permissions. Kemudian, pilih durasi yang diinginkan di bagian bawah halaman.

3. Merekam Video Meeting

Selain platform online meeting seperti Zoom, Google Meet, dan Microsoft Teams, pengguna juga bisa melakukan online meeting lewat Telegram. Mereka bisa menjadwalkan online meeting lewat grup Telegram, juga merekam dan mengirimkan rekaman meeting ke tiap teman atau kolega di Telegram. Caranya, klik tombol Chat dan tekan simbol mikrofon.

4. Private Channel

Telegram bisa membuat channel privat yang dapat dipersonalisasi. Telegram memiliki fitur channel yang mengizinkan pengguna menyebarkan informasi ke siapa saja tanpa menerima respon atau pesan balik dari para channel subscribers.

Channel ini biasanya dapat diakses secara publik, namun abila butuh fitur yang memungkinkan pengguna menyimpan data atau pesan penting apa pun, fitur ini cocok sekali. Untuk membuat channel privat, tiap pengguna memiliki instruksi berbeda tergantung tipe perangkat.



● iPhone: Masuk ke tab Chats, klik opsi New Message di sudut kanan atas aplikasi dan pilih opsi New Channel.
● Android: Masuk ke Chats dan klik simbol pensil dan pilih ‘New Channel’ dari daftar pilihan yang tersedia.
● Desktop: Ketuk menu ‘hamburger’ di sudut kiri atas dan pilih opsi ‘New Channel’.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3791 seconds (0.1#10.140)