Bermodal Ponsel, Pelaku UMKM Bisa Bikin Foto Produk Ciamik

Jum'at, 08 Oktober 2021 - 21:23 WIB
loading...
Bermodal Ponsel, Pelaku UMKM Bisa Bikin Foto Produk Ciamik
Memotret foto produk dengan hasil berkualitas bisa menggunakan smartphone yang ada. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - Ternyata masih banyak pelaku UMKM yang minder saat membuat foto produk menggunakan kamera ponsel. Padahal, foto yang bagus memiliki peran penting dalam menunjang bisnis online. Tidak hanya memberi informasi secara visual kepada calon konsumen, dapat pula memperluas pasar ketika memposting di media sosial.


Hal tersebut disampaikan Meyani Kristina Ningrum, pengajar workshop fotografi produk UMKM di Batam dalam workshop Re-Energize with Oppo A16 di Bogor, Jumat (8/10). Menurut Meyani, banyak pelaku UMKM masih minder membuat foto produk. Salah satu alasannya karena tidak memiliki perangkat pendukung, seperti kamera DSLR. ”Padahal membuat foto produk bisa mengandalkan kamera ponsel. Bahkan, tidak perlu menggunakan ponsel flagship yang harganya mahal,” ujarnya.

Bermodal Ponsel, Pelaku UMKM Bisa Bikin Foto Produk Ciamik


Meyani mengatakan, kamera DSLR dibutuhkan jika memang hasil fotonya ingin dicetak dalam ukuran yang besar. Namun, jika hanya dipajang di toko online atau media sosial, menurut Meyani kamera ponsel saja sudah lebih dari cukup. Meyani pun memberi tips untuk membuat foto produk ciamik hanya bermodal kamera ponsel OPPO A16:

Perhatikan Angle
Menurut Meyani, angle yang tepat sangat penting untuk membuat sebuah produk bisa tampil lebih menarik di foto. ”Cermati apa produknya, dan bagaimana angle terbaik agar membuat orang tertarik,” ungkapnya.

Amati, Tiru, Modifikasi
Prinsip yang digunakan Meyani bagi para pemula di bidang fotografi adalah mencari inspirasi sebanyak-banyaknya. ”Sering-sering untuk melihat foto produk yang ada di berbagai jejaring sosial untuk mendapat inspirasi,” ungkapnya. Bahkan, ia mendorong pelaku UMKM untuk melakukan ATM, yakni Amati, Tiru, dan Modifikasi.

Pencahayaan
Pencahayaan menjadi salah satu poin penting untuk menghasilkan gambar yang bagus untuk membuat foto produk. Dan di tahap awal, tidak perlu memakai lampu atau lighting mahal. Bisa memanfaatkan pencahayaan natural.

”Pelaku UMKM bisa memotret saat pagi hari atau sore. Bisa di teras atau dekat jendela. Cermati golden hour untuk mendapat pencahayaan yang tepat, sehingga hasil jepretan akan maksimal,” jelas Meyani.



Edit Gambar
Supaya lebih menarik, Meyani menyarankan untuk memoles foto hasil jepretan. Ada banyak aplikasi gratis yang bisa digunakan di ponsel secara gratis. “Bisa menggunakan Adobe Lightroom mobile, Canva, dan lainnya,” ucap Meyani.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2956 seconds (0.1#10.140)