Startup OY! Disuntik SoftBank Rp443 Miliar, Total Valuasi Tembus Rp1,4 Triliun

Selasa, 28 September 2021 - 07:17 WIB
loading...
Startup OY! Disuntik SoftBank Rp443 Miliar, Total Valuasi Tembus Rp1,4 Triliun
OY! Indonesia mendapat pendanaan dari SoftBank Ventures Asia senilai USD30 juta. Foto: dok OY! Indonesia
A A A
JAKARTA - Nama OY! Indonesia mungkin tidak terlalu populer. Sebab, layanan perusahaan financial technology tersebut memang lebih fokus pada layanan B2B. Tepatnya, pada money moving yang mengakomodir proses perputaran transaksi finansial bagi pelaku bisnis.

OY! Indonesia baru saja memasuki babak pendanaan seri A di kuartal kedua 2021. Dipimpin oleh perusahaan modal ventura raksasa SoftBank Ventures Asia (SBVA) dengan total suntikan dana sebesar USD30 juta atau setara Rp443,2 miliar.



Sejak memulai operasinya pada 2018, OY! Indonesia memang berkembang pesat. Memungkinkan bisnis dari berbagai skala dapat mengirim dan menerima uang baik secara digital (cashless) maupun offline (cash). Hal tersebut memberi kemudahan kepada konsumen dalam melakukan berbagai transaksi keuangan.

”Kami sangat antusias dalam menyambut pertumbuhan luar biasa dengan total valuasi lebih dari USD100 juta (Rp1,4 triliun),” ujar Jesayas Ferdinandus, CEO OY! Indonesia. Dengan adanya valuasi ini, maka OY! Indonesia kini menyandang predikat Centaur.

Pendanaan terbaru OY! Indonesia di dukung berbagai investor seperti SoftBank Ventures Asia , MDI, Pavilion Capital, AC Venture, CCV, Wavemaker, PT SAT, Saison Capital Pte. Ltd., dan Orion Advisors (DST Founders).

”Visi OY! Indonesia adalah menjadi penyedia infrastruktur agregator money movement terbaik dan terlengkap di Indonesia,” ungkap Jesayas.

Startup OY! Disuntik SoftBank Rp443 Miliar, Total Valuasi Tembus Rp1,4 Triliun

OY! Indonesia juga memperkuat layanan mereka sebagai money movement yang memfasilitasi semua proses keuangan, mulai kebutuhan sehari-hari individu hingga kebutuhan bisnis di antara beberapa institusi. Antara lain bank komersial, bank digital, P2P Lending, e-money, dan perusahaan fintech lainnya.

Jesayas menyebut bahwa OY! Indonesia berkontribusi melalui perannya sebagai penghubung terintegrasi antara berbagai lembaga keuangan dan konsumen individu, serta bisnis melalui penyediaan produk keuangan yang mendorong efisiensi dalam transaksi keuangan.

Konsumen individu sekarang dapat menghemat waktu dan biaya transaksi; sedangkan pelaku usaha tidak perlu khawatir dengan transaksi keuangan dengan nasabah, melainkan fokus pada aspek lain untuk mendukung pengembangan usaha mereka.

Selama dua tahun perjalanan pengembangan bisnis ini, OY! Indonesia memperkuat ekspansi bisnisnya melalui pendanaan dari berbagai investor ternama, antara lain Temasek, MDI Ventures (Telkom Indonesia), AC Ventures, Saison Capital Pte. Ltd., Alternate Ventures, PT SAT, dan beberapa investor yang berkontribusi dalam membantu operasional bisnis.



“Kami percaya bahwa money movement tidak hanya mewakili peluang pasar yang besar tetapi juga meningkatkan inklusi keuangan di seluruh Indonesia,” beber Cindy Jin, Partner, SoftBank Ventures Asia. Hingga saat ini, OY! Indonesia sudah memiliki satu juta pengguna aktif yang tercatat berdasarkan penggunaan aplikasi mobile.
(dan)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1674 seconds (0.1#10.140)
pixels