Review Ugreen 100W GaN Fast Charger, Inilah Charger Masa Depan!

Kamis, 16 September 2021 - 13:30 WIB
loading...
Review Ugreen 100W GaN Fast Charger, Inilah Charger Masa Depan!
Ugreen 100W 3C1A GaN Fast Charger segera menjadi perangkat yang sangat dibutuhkan di era normal baru. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - Berlahan tapi pasti, travel charger dengan teknologi GaN (Gallium Nitride) akan jadi perangkat utama/vital yang harus dimiliki oleh tech savvy, pekerja mobile, serta kreator yang sehari-harinya menggunakan banyak gawai.



Bagi sebagian orang, menggunakan banyak gawai adalah “normal baru”. Konsumen, misalnya, bekerja di laptop menggunakan mechanical keyboard agar mengetik lebih nyaman. Lalu, untuk menonton streaming di Netflix atau Disney+ Hotstar mereka menggunakan tablet 10 inci yang lega.

Smartphone tetap digunakan untuk berkomunikasi dan memotret. Tapi, untuk merekam video mereka menggunakan tambahan gimbal supaya hasilnya stabil dan sinematik. Saat traveling, mereka juga membawa kamera mirrorless, kamera 360, action camera, juga drone.

Ini sebenarnya sangat wajar. Sebab, setiap perangkat memiliki fungsinya sendiri yang sangat spesifik. Selain itu, selama pandemi konsumen juga banyak menghabiskan waktu di rumah untuk mencari hobi baru. Salah satunya dengan belanja beragam gawai.

Review Ugreen 100W GaN Fast Charger, Inilah Charger Masa Depan!

Sekarang bayangkan, berapa banyak kabel-kabel dan colokan yang harus dibawa ketika harus bepergian.

Konsumen akan dihadapkan pada kebingungan untuk mengisi daya (charging), bingung karena jumlah colokan terbatas, bingung dengan kabel-kabel yang membelit, kepala charger yang saling tertukar, dan masih banyak lagi.

Setiap akan traveling selalu pusing dengan banyaknya kabel, colokan listrik, serta kepala charger yang harus dibawa.

Travel Charger dengan Teknologi GaN
Review Ugreen 100W GaN Fast Charger, Inilah Charger Masa Depan!

Sebenarnya ada solusi untuk menyederhanakan masalah itu. Yakni, menggunakan travel charger yang menggunakan teknologi GaN.

GaN (Gallium Nitride) adalah teknologi yang mampu menghantar listrik lebih besar, melepas panas lebih cepat, dengan ukuran lebih ringkas.

GaN charger generasi terbaru bisa 20x lebih cepat dalam mengisi daya. Namun, ukurannya tetap ringkas dan ringan.

Travel charger dengan teknologi GaN memiliki kemampuan mengisi daya hingga 100W. Artinya, konsumen bisa mengisi daya laptop MacBook, drone, tablet, smartphone, wireless earbuds, Nintendo Switch, dan berbagai perangkat lain dengan selot USB-C.

100W, Jadi Normal Baru
Review Ugreen 100W GaN Fast Charger, Inilah Charger Masa Depan!

Ugreen 100W GaN Fast Charger adalah travel charger tercepat, dan mungkin terbaik yang ada di pasaran saat ini. Bisa dilihat dari kemampuannya untuk mendeliver power hingga 100W.

Di dalamnya, ada 3 selot USB C dan 1 USB A. Sindonews menggunakan selot USB C untuk mengisi daya laptop MacBook Pro dan laptop Huawei Matebook D14.

Inilah keuntungan USB C, selain bisa memindah data, juga bisa mengisi daya dengan cepat. Sehingga tidak perlu lagi ada kabel-kabel charger tambahan.

Dan faktanya, tidak semua travel charger dengan teknologi GaN nyaman digunakan untuk mengisi daya. Terutama laptop MacBook. Karenaproses chargingnya bisa sangat lama (slow charging) sehingga tidak praktis.

Review Ugreen 100W GaN Fast Charger, Inilah Charger Masa Depan!

Perbandingan kepala charger milik MacBook Pro (kiri) dan Ugreen100W GaN Fast Charger yang bisa digunakan untuk mengisi daya laptop dan beberapa perangkat lain. Foto: Sindonews/Danang Arradian

Tapi, untuk pertama kalinya Sindonews akhirnya bisa meninggalkan travel charger bawaan MacBook Pro. Karena Ugreen 100W GaN Fast Charger bisa digunakan untuk mengisi daya MacBook Pro dan laptop Huawei dengan cepat!

Ukuran Sangat Ringkas
Review Ugreen 100W GaN Fast Charger, Inilah Charger Masa Depan!

Ukuran Ugreen 100W GaN Fast Charger terbilang sangat ringkas dengan kemampuan mengalirkan listrik 100W. Tidak lebih besar dari kepalan tangan orang dewasa.

Dan terasa ringkas mengingat begitu banyak perangkat yang bisa disubtitusi saat kita traveling. Sindonews tidak perlu lagi membawa charger MacBook yang besar, kabel colokan listrik yang besar, dan kabel-kabel lainnya.

Cepat Ngecharge, Tidak Panas
Review Ugreen 100W GaN Fast Charger, Inilah Charger Masa Depan!

Ugreen 100W GaN Fast Charger diklaim sudah mendukung protokol fast charging yang ada, sehingga bisa lebih cepat mengisi daya listrik. Total output maksimalnya adalah 100W.

Harap diingat, 3 selot USB C yang ada di Ugreen 100W GaN Fast Charger butuh kabel USB C to USB C. Laptop MacBook Pro, Huawei Matebook, serta beberapa smartphone flagship keluaran terbaru sudah menggunakan kabel tipe ini.

Hanya ada 1 selot USB A saja. Jadi, Ugreen 100W GaN Fast Charger memang menargetkan segmen khusus. Yakni para tech savvy yang perangkatnya sudah memakai USB-C.

Review Ugreen 100W GaN Fast Charger, Inilah Charger Masa Depan!

Kabel USB C to C yang semakin banyak diadopsi karena kepraktisannya.

Karena jika tidak, konsumen akan bingung mengapa ada 3 selot USB C. Sementara mereka sendiri tidak memiliki banyak kabel USB C to C.

Karena itu, Sindonews menyebut Ugreen 100W GaN Fast Charger adalah charger yang disiapkan untuk masa depan. Sebab kedepannya memang perangkat travel charger USB C to C ini akan banyak diadopsi.

Nah, menariknya lagi, Ugreen 100W GaN Fast Charger menggunakan teknologi safe charging. Teknologi ini efektif mengurangi panas, tapi tetap cepat menghantar listrik. Dua hal yang sangat berlawanan.

Ini bisa terjadi karena teknologi generasi ketiga gallium nitride (GaN) yang bisa menghantarkan daya listrik sangat tinggi, sangat efisien, justru lebih tidak panas, dan bisa hadir dalam ukuran yang sangat kompak.



Wajar jika Ugreen 100W GaN Fast Charger dibanderol dengan harga cukup mahal, yakni Rp1 jutaan. Tapi, dengan fungsi, fitur, serta kemudahan yang ditawarkan, sangat layak untuk dimiliki.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3745 seconds (0.1#10.140)