Xiaomi Smart Glasses, Kacamata Pintar yang Akan Jawab Kegagalan Google Glass

Rabu, 15 September 2021 - 08:39 WIB
loading...
Xiaomi Smart Glasses, Kacamata Pintar yang Akan Jawab Kegagalan Google Glass
Xiaomi Smart Glasses difungsikan sebagai perangkat wearable independen canggih, tapi dengan tampilan seperti kacamata biasa. Foto: dok Xiaomi
A A A
JAKARTA - Xiaomi baru saja mengenalkan perangkat wearable pintar terbarunya Xiaomi Smart Glasses . Bobotnya ringan sekali, hanya 51 gram. Desainnya juga stylish, tidak culun. Tapi fiturnya canggih. Mulai menampilkan pesan dan pemberitahuan, membuat panggilan, layanan navigasi, menangkap foto, hingga menerjemahkan teks di depan mata pengguna.

Demi mendapat bentuk menyerupai kacamata biasa, memang tantangannya cukup besar. Terutama dalam hal penempatan komponen serta tampilan. Berbeda dengan ponsel, kacamata memiliki ruang yang sangat terbatas. Jika terlalu banyak gimmick seperti Google Glass, konsumen tidak akan mau beli. Mereka (konsumen) menginginkan kacamata canggih yang terlihat seperti kacamata biasa.


Karena itu, Xiaomi Smart Glasses mengadopsi MicroLED imaging technology untuk menurunkan kebutuhan ruang dalam hal struktur desain kacamata, termasuk bobot dari perangkat.

Supaya bisa memasang perangkat tampilan ke dalam frame kacamata, teknologi MicroLED dianggap sebagai pilihan terbaik. Layaknya OLED, piksel MicroLED menyala secara individual. Sehingga tampilan bisa lebih terang dengan warna hitam yang lebih pekat.

Xiaomi Smart Glasses, Kacamata Pintar yang Akan Jawab Kegagalan Google Glass

Dengan struktur lebih sederhana, MicroLED memiliki kerapatan piksel lebih tinggi serta usia lebih panjang. Kelebihan ini membuka jalan bagi tampilan yang lebih ringkas sekaligus integrasi yang lebih mudah dengan lensa kacamata.

Xiaomi Smart Glasses hanya memiliki chip display berukuran 2,4 x 2,02 milimeter. Untuk memastikan cahaya yang cukup untuk melintasi struktur optik yang cukup kompleks sebelum ke mata meski di siang terik, pilihan jatuh kepada layar monokrom. Karena sangat efisien serta mampu menampilkan tingkat kecerahan maksimal hingga 2 juta nits.

Struktur kisi berukuran mikroskopik yang terukir di permukaan bagian dalam lensa memungkinkan cahaya dibiaskan dengan cara yang unik, dan aman untuk mata manusia.

Xiaomi Smart Glasses, Kacamata Pintar yang Akan Jawab Kegagalan Google Glass

Sebelum sampai ke mata, berkas cahaya dipantulkan berkali-kali. Sehingga bisa melihat dengan gambaran yang utuh dan meningkatkan kegunaan saat dikenakan.

Seluruh proses ini berlaku di dalam satu lensa dibanding produk lain yang masih menggunakan sistem lensa jamak atau cermin.

Teknologi optical waveguide secara signifikan berhasil memangkas ukuran dan bobot Xiaomi Smart Glasses. Sehingga kacamata pintar ini bisa mendekati bentuk kacamata pada umumnya.

Bukan Sekadar “Layar Kedua”
Xiaomi Smart Glasses, Kacamata Pintar yang Akan Jawab Kegagalan Google Glass

Xiaomi Smart Glasses mengintegrasikan 497 komponen, termasuk sensor dan modul komunikasi dalam ukuran kecil.

Xiaomi mengklaim bahwa ini bukan sekadar “layar kedua” dari smartphone. Tapi berfungsi sebagai smart terminal dengan kemampuan operasional yang independen.

Sebagai tambahan, untuk menampilkan notifikasi dan panggilan, kacamata pintar tersebut juga bisa menjalankan fungsi secara mandiri seperti navigasi, mengambil foto, menjadi teleprompter, serta penerjemahan dari teks maupun gambar secara langsung.

Dari sisi penggunaan, Xiaomi Smart Glasses menerapkan logika interaksi kunci untuk mengurangi gangguan pada waktu yang tidak semestinya. Juga, hanya menampilkan informasi yang penting saat dibutuhkan.

Contohnya adalah notifikasi yang mustahil ditampilkan seluruhnya di depan mata pengguna karena mengganggu.

Untuk itulah perangkat ini memilih dan menampilkan pesan paling penting seperti alarm smart home atau pesan mendesak dari kontak yang diprioritaskan, supaya pengguna tidak terpecah konsentrasinya.

Menjawab panggilan suara merupakan skenario paling natural dalam menggunakan Xiaomi Smart Glasses, pengguna bisa melihat nomor dari orang yang menghubungi.

Menggunakan mikrofon dan speaker yang disusun dengan teknologi beamforming di dalam perangkat, dua belah pihak bisa mendengar suara lawan bicara dengan jelas.

Selain itu, fungsi navigasi menjadi penting saat mengendarai kendaraan. Xiaomi Smart Glasses bisa menampilkan peta tepat di depan pengguna secara langsung sehingga perhatian tetap tidak teralihkan dari jalan. Hal ini dilakukan untuk memastikan keselamatan dan kenyamanan selama berkendara.

Xiaomi Smart Glasses, Kacamata Pintar yang Akan Jawab Kegagalan Google Glass

Kamera 5MP yang ada di depan kacamata juga bisa digunakan untuk mengambil foto serta menerjemahkan teks secara langsung, sebuah fitur yang sangat memudahkan ketika sedang bepergian ke tempat asing.

Dengan memanfaatkan mikrofon dan algoritma penerjemahan, Xiaomi Smart Glasses mampu menyalin audio menjadi teks berikut penerjemahan secara langsung. Lampu indikator di samping kamera akan menyala sewaktu digunakan untuk menunjukkan bahwa perangkat ini sedang mengambil gambar.

Untuk bisa dioperasikan dengan sejumlah fitur ini, butuh sejumlah komponen yang dipasang ke dalam kacamata seperti prosesor ARM quad-core, baterai, touch pad, modul Wi-Fi/Bluetooth, sistem operasi Android, dan lebih banyak lagi.

BACA JUGA: Xiaomi Jadi No 1 Karena Mendengarkan Masukan dari Mi Fans

Dengan sekian banyak fitur ini, Xiaomi Smart Glasses hanya berbobot 51 gram dan menyerupai kacamata biasa tapi pada saat yang sama mampu melampaui kemampuan kacamata pintar lainnya.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1315 seconds (0.1#10.140)