Charles Babbage Penemu Komputer Penentu Kemajuan Teknologi Digital

Selasa, 07 September 2021 - 20:25 WIB
loading...
Charles Babbage Penemu Komputer Penentu Kemajuan Teknologi Digital
Charles Babbage dan Penemu Komputer dan perannya di dunia digital, FOTO/ IST
LONDON - Charles Babbage Penemu Komputer berperan penting bagi komputer yang dipakai saat ini memiliki kecanggihan dari sisi hardware maupun software.

Maraknya penggunaan komputer dewasa ini tidak terlepas dari upaya yang dilakukan Charles Babbage. BACA JUGA - Cepat Hapus 8 Aplikasi Ini, Karena Disusupi Virus Joker dan Bisa Curi Uang Anda

Diambil dari berbagai sumber, Charles Babbage dikenal sebagai penemu komputer pertama. Ia merupakan pelopor atau penemu komputer pertama kalinya.

Charles Babbage menjadi ilmuwan yang karyanya tampak menjadi cikal bakal bagi komputer mutakhir pada hari ini. Pada 1791-1871, ia menemukan mesin penghitung (Difference Engine no.1).



Mesin penghitung ini menjadi salah satu icon yang paling terkenal dalam sejarah perkembangan komputer dan merupakan kalkulator otomatis pertama. Charles Babbage yang dijuluki bapak komputer itu berkontribusi terhadap dunia komputer.

Charles Babbage yang lahir 26 Desember 1792 di Inggris merupakan anak dari Benjamin Babbage, seorang Banker. Ia memiliki kelebihan dalam bidang matematika.

Ketika memasuki Trinity College di Cambridge pada 1811, ia memiliki kemampuan matematika yang jauh lebih baik ketimbang tutornya sendiri. Ia juga sebagai matematikawan dari Inggris yang pertama kali mengungkap ide tentang komputer yang bisa diprogram.

Pada usia 20 tahunan Babbage bekerja sebagai seorang ahli matematika di bidang fungsi kalkulus. Pada 1816, dia terpilih sebagai anggota "Royal Society" yang merupakan organisasi sains dan akademis independen Inggris Raya.

Ia juga memainkan peran penting di yayasan organisasi astronomi dan geofisika "Astronomical Society" pada 1820. Ketika itulah Babbage mulai menunjukkan rasa tertariknya pada mesin hitung.
halaman ke-1
preload video
Komentar Anda
TEKNO UPDATE