5 Alasan Selot Audio Jack 3.5 Mm Tidak Lagi Penting di Ponsel

Sabtu, 04 September 2021 - 11:24 WIB
loading...
5 Alasan Selot Audio Jack 3.5 Mm Tidak Lagi Penting di Ponsel
POCO X3 GT tidak lagi menggunakan selot audio jack 3.5 mm, sehingga terlihat lebih tipis dan bersih. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - Sebagian besar ponsel tidak lagi menggunakan audio jack 3.5 mm. Apa alasannya? Benarkah fitur ini tidak lagi penting?

Dulu Sindonews termasuk orang yang protes keras dengan ketiadaan selot audio jack 3.5 mm di ponsel.



Ada dua alasannya. Alasan pertama, karena menurut Sindonews tidak praktis harus menambah dongle/konektor di selot USB C untuk menghubungkan earphone kabel saat ingin mendengarkan musik.

Alasan yang kedua, karena Sindonews tidak bisa mendengarkan musik atau ngegame lewat earphone sambil mengisi daya ponsel.

Tidak Lagi Relevan
Namun, belakangan kedua alasan itu semakin tidak relevan. Audio jack 3.5 mm ternyata tidak sepenting beberapa tahun lalu.

”Konsumen yang ingin menggunakan earphone/headphone kabel, bisa memanfaatkan konektor Type C ke selot audio jack 3.5 mm. Di POCO X3 5G, kami berupaya memberi baterai besar, fast charging 67 W, dengan desain yang tetap tipis,” jawab Head of Marketing POCO Indonesia Andi Renreng.

Mengapa audio jack 3.5 mm semakin tidak penting? Jawabannya, menurut Sindonews, perangkat True Wireless Stereo (TWS) telah menggantikan kebutuhan selot audio jack 3.5 mm.

5 Alasan Selot Audio Jack 3.5 Mm Tidak Lagi Penting di Ponsel

Saat ini TWS sudah jadi perangkat wajib yang dimiliki konsumen. Terutama mereka yang sekolah online, hingga kerja dirumah (WFH) dan aktif melakukan video call lewat Zoom meeting atau Google Meet.

TWS menjadi praktis lantaran tidak diribetkan dengan kabel. Bentuknya ringkas, mudah dibawa-bawa, dan tidak perlu menggulung-gulung kabel.
Selain itu, kualitas suara, fitur, dan latensi TWS sekarang sudah jauh lebih baik dibanding 2-3 tahun lalu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7137 seconds (0.1#10.140)