5 Cara Atasi Memori Internal Smartphone Penuh Biar Tak Lemot

Rabu, 01 September 2021 - 17:01 WIB
loading...
A A A
Seringkali kita lupa untuk menghapus file atau aplikasi yang hanya kita gunakan sesekali saja. Terkadang smartphone yang kita gunakan tidak memberikan notifikasi ketika memori internal yang terdapat di dalam handphone masih memadai. Oleh karena itu, untuk para pengguna smartphone harus memperhatikan dokumen dan aplikasi yang tidak kalian gunakan lagi.

3. Gunakan Media Penyimpanan Lain

Di dalam smartphone yang kalian gunakan terdapat beberapa tempat penyimpanan yang kalian dapat manfaatkan. Seperti SD Card, Google Drive, dan Could Storage. Media-media penyimpanan ini dapat kalian gunakan untuk menyimpan dokumen, foto, hingga video. Dengan memanfaatkan media penyimpanan tersebut, kalian dapat meringankan beban yang terdapat di dalam ruang penyimpanan internal.

4. Bersihkan Data Whatsapp

Whatsapp merupakan aplikasi untuk berkomunikasi dengan orang lain. Di dalam aplikasi ini biasanya dapat membagikan foto hingga video, sehingga aplikasi ini akan memakan ruang penyimpanan yang banyak pada smartphone kita.

Untuk itu, kalian harus membersihkan data yang terdapat di dalam aplikasi ini. Namun, bukan data yang berupa kontak dan sejenisnya, melainkan file sent pada berkas whatsapp yang kalian gunakan. Hal ini dapat dilakukan dengan cara membuka file manager pada smartphone anda, pilih memori internal, lalu buka folder whatsapp, pilih media, kemudian pilih folder sent lalu hapus berkasnya. Dengan begitu ruang penyimpanan pada smartphone kalian akan menjadi lebih kosong sehingga dapat dimanfaatkan untuk aplikasi lain.

5. Gunakan Aplikasi Cleaner

Selain menggunakan pengaturan di dalam smartphone kalian sendiri, terdapat cara lain untuk membersihkan sampah yang terdapat di ruang penyimpanan smartphone kalian, yaitu dengan menginstal apikasi cleaner.

Aplikasi ini dapat kalian manfaatkan untuk membersihkan ruang penyimpanan pada smartphone kalian. Kelebihan dari aplikasi ini adalah dapat membersihkan file sampah secara otomatis, apabila ruang penyimpanan pada smartphone kalian sudah penuh. Aplikasi ini dapat kalian temukan di dalam Google Playstore.

Itulah beberapa cara di dalam mengatasi permasalahan terkait dengan ruang penyimpanan yang penuh pada smartphone kalian. Dengan begitu kalian dapat mencobanya dan tidak perlu khawatir lagi apabila ruang penyimpanan pada smartphone kalian penuh.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1824 seconds (0.1#10.140)