Kuasai Alat Perang AS, Taliban Tak Berkutik Tanpa Facebook dan Twitter

Senin, 30 Agustus 2021 - 13:23 WIB
loading...
Kuasai Alat Perang AS, Taliban Tak Berkutik Tanpa Facebook dan Twitter
Juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid, tengah, berbicara pada konferensi pers pertamanya di Pusat Informasi Media Pemerintah, di Kabul, Afghanistan, beberapa waktu lalu. Foto/AFP
A A A
KABUL - Kendati menguasai seluruh peralatan perang Amerika Serikat yang ditinggalkan pemerintah Afghanistan, tentara Taliban nampaknya masih membutuhkan media sosial untuk melakukan kampanyenya.

Ini tersirat dari konferensi pers Taliban yang menyerang Facebook sebagai tanggapan atas pertanyaan kebebasan berbicara yang didengungkan oleh negara Amerika Serikat.

"Pertanyaan ini harus ditanyakan kepada orang-orang yang mengaku sebagai promotor kebebasan berbicara, yang tidak mengizinkan publikasi semua informasi," kata juru bicara kelompok itu, Zabihullah Mujahid seperti dikutip BBC News.



Tanggapan tersebut, menyiratkan bahwa Facebook mengekang kebebasan berbicara, mengisyaratkan dinamika kekuatan yang aneh. Ternyata Taliban tetap bergantung pada perusahaan media sosial Amerika seperti Facebook (FB) dan Twitter (TWTR) untuk menyampaikan pesannya, baik di dalam Afghanistan maupun di luar perbatasannya.

Di Twitter, misalnya, beberapa juru bicara Taliban, termasuk Mujahid dan Suhail Shaheen, memiliki akun aktif yang belum diverifikasi, masing-masing dengan lebih dari 300.000 pengikut.

Upaya Taliban untuk melawan atau menghindari pembatasan aktivitas online menggambarkan betapa bergantungnya kelompok militan tersebut pada perusahaan teknologi Barat dan internet secara luas.



“Secara keseluruhan, berbagai platform media sosial dan aplikasi perpesanan memiliki peran penting dalam strategi media Taliban,” kata Weeda Mehran, seorang dosen dan pakar Afghanistan di Universitas Exeter yang berfokus pada propaganda oleh kelompok-kelompok ekstremis.

Platform tersebut sekarang melayani tujuan penting bagi Taliban karena merebut kembali kendali atas Afghanistan. Sebagian besar fokus kelompok sejauh ini adalah pada penanaman citra yang lebih bersih dan direhabilitasi daripada kebrutalan yang diketahui terakhir kali mereka berkuasa.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8511 seconds (0.1#10.140)