Akselerasi Digital Terjadi 3 Tahun Lebih Cepat

Selasa, 24 Agustus 2021 - 23:01 WIB
loading...
Akselerasi Digital Terjadi 3 Tahun Lebih Cepat
Ilustrasi beragam aplikasi sosial media. foto/ ist
A A A
JAKARTA - Pandemi Covid-19 telah menggeser aspek kehidupan manusia untuk lebih digital. BACA JUGA - Greendland Diguyur Hujan Deras, Penduduk Bumi Diminta Berhati-Hati

Menurut Juru Bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika Dedy Permadi, secara global akselerasi digital ini terjadi 3 tahun lebih cepat dari yang diproyeksikan.

Kendati demikian, di sisi lain digitalisasi yang cepat ini juga meningkatkan resiko keamanan siber. Untuk itu harus ada mitigasi di seluruh rantai pasok sektor konstruksi.

"Gangguan-gangguan yang ditimbulkan oleh digitalisasi dari produk dan proses akan membentuk masa depan," ujar Dedy dalam webinar "Indonesia's Digital Transformation & Cybersecurity, Selasa (24/8/2021).

Dalam sektor konstruksi sendiri, penggunaan teknologi digital seperti AI, otomatisasi dan virtual reality (AR) bisa memberikan peluang yang sangat besar bagi usaha untuk lebih efisien tidak hanya dalam project model namun dalam melaksanakan operasional sehari-hari.

"Disamping itu penggunaan VR akan mempermudah pekerjaan fisik dan memperluas opsi yang mampu membantu mengurangi pekerjaan sebesar 10 persen dan mempercepat pekerjaan proyek berbulan bulan," pungkasnya.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2040 seconds (0.1#10.140)