RS Components Terapkan Inovasi dan Solusi Kurangi Dampak Manufaktur Terhadap Lingkungan

Jum'at, 20 Agustus 2021 - 18:08 WIB
loading...
RS Components Terapkan Inovasi dan Solusi Kurangi Dampak Manufaktur Terhadap Lingkungan
Aktivitas RS Components dalam memenuhi kebutuhan konsumen. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Industri manufaktur di Indonesia terus menunjukkan perbaikan sejak triwulan IV 2020, dimana pertumbuhannya berada di atas laju pertumbuhan ekonomi. Ini merupakan salah satu kontributor utama ekonomi lokal, namun industri manufaktur juga dikenal karena dampaknya terhadap lingkungan.

Dari suara mesin-mesin produksi, penggunaan alat transportasi, pemakaian air tanah, dan proses lainnya. Kegiatan industri ini harus dikelola dengan baik dan selaras dengan tujuan keberlanjutan, untuk mengurangi dampak terhadap lingkungan.



Pengangkutan bahan mentah dan suku cadang yang digunakan oleh produsen di seluruh dunia telah berkontribusi terhadap emisi. Berdasarkan data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), hingga tahun 2019 lalu hanya sebanyak 83 perusahaan di Indonesia yang dapat dikategorikan layak menerima PROPER (Program Penilaian Peringkat Kerja Perusahaan) Hijau ke atas. Setelah diteliti lebih lanjut, hanya 23 perusahaan manufaktur dalam kategori hijau, dan satu perusahaan kategori emas.

RS Components, merek dagang Electrocomponents plc (LSE:ECM), mitra solusi produk dan layanan omni-channel global, menawarkan solusi untuk membantu perusahaan mengurangi dampak manufaktur terhadap lingkungan.

“Komitmen lingkungan, keberlanjutan dan tata kelola (sustainability and governance atau ESG) global kami telah membantu kami agar tetap bertanggung jawab serta memandu semua aspek bisnis. Solusi kami melibatkan pemasok juga pelanggan dalam hal praktik pengadaan yang bertanggung jawab untuk mengurangi jejak karbon dan konsumsi energi mereka,” ujar Eileen Yap, Country General Manager, RS Singapore and SEA Export.

Dalam rantai pasokan, tahap sourcing dan procurement dapat secara signifikan mempengaruhi jejak lingkungan perusahaan. RS Components bertekad membantu perusahaan memenuhi target keberlanjutan dan efisiensi energi. Hal ini dilakukan dengan mencari sumber produk dan solusi yang berkelanjutan dari pemasok terpercaya yang memiliki stok lokal.

“Di seluruh Asia Pasifik, RS Components telah berinvestasi dalam membangun pusat distribusi dan mengembangkan kemampuan sumber lokal sehingga pelanggan manufaktur dapat mengambil sumber secara lokal dan mengurangi jejak karbon mereka. Pelanngan manufaktur juga dapat memiliki rantai pasokan yang lebih fleksibel dan menghindari penundaan produksi,” tambah Eileen Yap.

RS Components juga memberikan insinyur desain dan pemeliharaan akses yang andal ke teknologi penting, yang kemudian dapat digunakan untuk menerapkan solusi pabrik yang mengurangi konsumsi energi dan pemborosan proses, tanpa mengurangi kualitas dan produktivitas.

Proses pengadaan dan pembelian memiliki dampak signifikan dalam mengurangi jejak manufaktur dan memajukan inovasi atau transformasi digital dalam organisasi. Menjamin akan ketersediaan stok lokal di berbagai produk memungkinkan RS Components dapat menawarkan ketersediaan produk yang andal, pengiriman cepat, serta membantu pelanggan untuk mematuhi jadwal pemeliharaan dan produksi mereka, yang juga berdampak pada efisiensi secara keseluruhan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2221 seconds (0.1#10.140)