Keyboard Laptop Tidak Berfungsi, Jangan Khawatir ini Solusinya

Kamis, 19 Agustus 2021 - 10:07 WIB
loading...
Keyboard Laptop Tidak Berfungsi, Jangan Khawatir ini Solusinya
Keyboard laptop tidak berfungsi merupakan mimpi buruk bagi setiap orang yang tengah diburu pekerjaan. FotoIST
A A A
JAKARTA - Lagi asyik-asyiknya menggunakan laptop tiba-tiba keyboard laptop tidak berfungsi. Tentu hal ini jadi pengalaman yang tidak menyenangkan. Siapa yang senang, bisa saja Anda lagi tengah-tengahnya sibuk dengan deadline pekerjaan atau main serius main game di laptop, tiba-tiba semuanya terhenti karena keyboard laptop tidak berfungsi.

Memang, keberadaan keyboard cenderung dianggap remeh. Keyboard memiliki peranan yang sangat penting sebagai media untuk memasukkan huruf, angka, dan simbol ke dalam komputer dan laptop. Tanpa adanya keyboard, kedua perangkat tersebut tidak bisa memasukkan huruf, sehingga bila tidak berfungsi tentu akan menghambat produktivitas Anda.




Pada umumnya laptop yang tidak berfungsi terjadi karena adanya gangguan pada sistem dan kerusakan pada keyboard laptop itu sendiri. Jika memang tidak berfungsi karena kerusakan pada keyboard laptop maka tidak ada jalan lain kecuali menggantinya dengan keyboard baru.

Sebaliknya, jika memang keyboard laptop tidak berfungsi karena sistem, maka berikut ini ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan, cermati!

Restart Laptop
Keyboard Laptop Tidak Berfungsi, Jangan Khawatir ini Solusinya


Sebenarnya langkah ini terdengar klise, pada umumnya ini merupakan salah satu cara mengatasi keyboard laptop yang tidak berfungsi dengan cepat. Namun, bila dengan cara ini keyboard masih tidak merespon sama sekali, kita harus menggunakan cara lain.

Cek Driver Keyboard
Keyboard Laptop Tidak Berfungsi, Jangan Khawatir ini Solusinya


Bila cara di atas tidak mengatasi permasalahan, mungkin bisa mencoba cara yang satu ini. Keyboard yang tidak berfungsi bisa saja disebabkan oleh driver keyboard yang bermasalah, kesalahan driver, atau bahkan tidak up-to-date.

Untuk mengetahuinya, kamu dapat mengeceknya melalui cara berikut:

- Klik Start, klik Settings, lalu klik Devices
- Setelah itu, cari dan klik Device And Printers, dan akan muncul jendela baru
- Klik kanan di tempat kosong, dan klik Device Manager

Jika pada bagian nama perangkatmu terdapat icon segitiga berwarna kuning dengan tanda seru, berarti memang ada permasalahan pada driver laptopmu. Hal ini dapat diatasi dengan melakukan update driver, atau melakukan uninstall device yang kemudian diikuti dengan merestart laptop.

Cek Num Lock
Keyboard Laptop Tidak Berfungsi, Jangan Khawatir ini Solusinya


Masalah ini pada umumnya lebih sering terjadi pada pengguna laptop yang menggunakan keyboard tambahan. Cara paling mudah untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan menggunakan on-screen keyboard, caranya adalah sebagai berikut.

- Klik Start, lalu tekan Setting, dan klik Ease Of Access
- Setelah itu, cari Interaction, dan klik Keyboard
- Terakhir, tekan Use The On-Screen Keyboard

Setelah itu, on-screen keyboard akan muncul dan kamu bisa mematikan tombol Num Lock yang kemungkinan masih dalam keadaan menyala. Cara alternatif lainnya adalah dengan menekan tombol FN + NUMLK (bila ada) secara bersamaan pada keyboard laptopmu.

Restore Windows
Keyboard Laptop Tidak Berfungsi, Jangan Khawatir ini Solusinya


Biasanya, permasalahan ini terjadi ketika pengguna mengubah pengaturan atau umumnya setelah menginstall aplikasi baru dari website yang kurang dipercaya. Cara ini mudah untuk dilakukan, namun pastikan untuk melakukan backup dokumen atau data penting yang terletak di C:/ terlebih dahulu.

Untuk melakukan System Restore, bisa melakukan langkah di bawah:

- Klik Start, lalu tekan Setting, dan klik Update & Security
- Lalu pada bagian Reset This PC, tekan Get Started

Salah Layout Keyboard
Keyboard Laptop Tidak Berfungsi, Jangan Khawatir ini Solusinya


Selain permasalahan diatas, ada kemungkinan pengguna menggunakan jenis layout keyboard yang berbeda dari yang umumnya kita gunakan, yaitu QWERTY. Dengan layout yang berbeda, maka huruf yang dihasilkan pun akan berbeda juga. Untuk merubah jenis layout keyboard yang mungkin berbeda, kamu dapat mengikuti langkah di bawah ini:

- Klik Start, lalu klik Time & Language, lalu tekan bagian Language
- Klik gambar Keyboard, lalu pastikan tulisan US – QWERTY adalah yang kamu gunakan
- Setelah itu, kamu bisa hapus beberapa layout keyboard yang tidak diperlukan

Cek Pengaturan Keyboard
Keyboard Laptop Tidak Berfungsi, Jangan Khawatir ini Solusinya


Permasalahan ini juga kerap terjadi karena ada kesalahan pada bagian pengaturan keyboard. Sebagai contoh, bila kita mengatur Repeat Delay terlalu lama, hal ini menyebabkan huruf yang diketik akan lambat muncul di layar. Nah, untuk mengatasi hal ini, kamu bisa mencoba langkah di bawah:

- Klik Start, lalu klik Setting
- Kemudian klik Ease Of Access, dan klik Keyboard
- Pada Use Sticky Keys, matikan Press One Key At A Time

Bersihkan Kotoran Dan Debu Pada Keyboard
Keyboard Laptop Tidak Berfungsi, Jangan Khawatir ini Solusinya


Tidak semua permasalahan disebabkan oleh kesalahan sistem atau laptop, namun kotoran dan debu juga bisa menjadi biang dari permasalahan ini. Kalau kamu sering ngemil, hal ini sangat mungkin terjadi karena sisa-sisa makanan akan tertinggal di sela-sela keyboard.

Cek Konektor Keyboard Laptop
Keyboard Laptop Tidak Berfungsi, Jangan Khawatir ini Solusinya


Bila semua cara di atas tidak berhasil, langkah selanjutnya adalah dengan melakukan pengecekan konektor pada laptop. Permasalahan ini sangat mungkin terjadi bila laptop yang kamu gunakan terkena goncangan, atau jatuh sehingga konektor renggang atau bahkan lepas.

Perlu dicatat, cara ini dilakukan apabila pemilik laptop paham untuk melakukan pembongkaran dan telaten dalam mengerjakannya. Jika tidak paham sebaiknya dihindari dan segera bawa kepada orang yang kompeten di bidangnya.

Bawa Ke Service Center
Keyboard Laptop Tidak Berfungsi, Jangan Khawatir ini Solusinya


Bila laptopmu masih memiliki garansi, cara memperbaiki keyboard laptop yang terakhir adalah dengan membawanya ke Service Center. Biasanya dengan dibawa ke Service Center, semua permasalahan pada laptop besar kemungkinan akan bisa diperbaiki. Bila garansi laptopmu sudah habis, tidak ada salahnya untuk tetap membawanya ke Service Center, atau teknisi komputer.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2122 seconds (0.1#10.140)