Microsoft Hidupkan Kembali Clippy Setelah Disuntik Mati 20 Tahun Lalu

Sabtu, 17 Juli 2021 - 18:09 WIB
loading...
Microsoft Hidupkan Kembali Clippy Setelah Disuntik Mati 20 Tahun Lalu
Momen ketika pendiri Microsoft, Bill Gates, memberi Clippy hadiah pensiun berupa kaus Office XP pada tahun 2001, di depan bos Amazon Jeff Bezos. Foto/Microsoft
JAKARTA - Microsoft kembali hidupkan Clippy setelah disuntik mati sejak tahun 2001 lalu. Clippy akan menggantikan emoji penjepit kertas yang ada di produk Microsoft 365-nya, termasuk layanan cloud dan versi online modern Microsoft Office.

Clippy the paperclip adalah asisten virtual sederhana yang menawarkan tip dan saran kepada pengguna Microsoft Office, dari tahun 1997 hingga pertengahan 2000-an. Clippy biasanya muncul untuk menyarankan bantuan dengan tugas paling sederhana, seperti menulis surat.

BACA: Microsoft Resmi Suntik Mati Windows 10X

Sebuah posting blog dari tim desain Microsoft mengungkapkan bahwa desain ulang adalah bagian dari langkah yang lebih luas untuk mengubah semua emoji Microsoft menjadi versi 3D yang lebih berwarna.

"Tentu, kita mungkin menggunakan lebih sedikit klip kertas hari ini daripada yang kita lakukan di masa kejayaan Clippy, tetapi kita tidak bisa menahan tarikan nostalgia," katanya seperti dikutip BBC, Sabtu (17/7/2021).

Microsoft Hidupkan Kembali Clippy Setelah Disuntik Mati 20 Tahun Lalu




Setelah perubahan dibuat, setiap kali pengguna mengetikkan emoji penjepit kertas di produk Microsoft, emoji itu akan muncul sebagai Clippy. Namun pada perangkat lain, seperti smartphone Apple atau Google, akan tetap terlihat seperti penjepit kertas biasa.

BACA JUGA: Banyak yang Tertipu, Begini Bedakan Oli Mobil Asli dengan Palsu

Clippy asli dipensiunkan pada tahun 2001, dengan peluncuran Office XP, menghilang dari layar karena dimatikan secara default, dan dihapus seluruhnya beberapa tahun kemudian.

Asisten virtual awal yang diwakili Clippy secara teknis disebut Asisten Kantor dan sementara Clippy adalah karakter default, ada juga bola merah, robot, kucing, anjing, mirip Albert Einstein, dan banyak lagi. Tetapi Microsoft telah berkomitmen untuk menghidupkan kembali Clippy.
(ysw)
preload video
Komentar Anda
TEKNO UPDATE