Elon Musk Butuh Investasi Rp 436 Triliun untuk Proyek Internet Satelit Starlink

Kamis, 01 Juli 2021 - 11:03 WIB
loading...
Elon Musk Butuh Investasi Rp 436 Triliun untuk Proyek Internet Satelit Starlink
Bos Tesla Elon Musk. FOTO/ Ist
A A A
JAKARTA - Pengusaha miliarder Elon Musk mengatakan bahwa layanan internet satelit Starlink akan tumbuh dengan cepat.

Musk memperkirakan toyal biaya investasi dalam bisnis Starlink sebesar USD 30 miliar atau sekitar Rp 436 triliun.

Tanpa mengungkapkan rincian investasi, dia juga mengatakan Starlink memiliki dua kemitraan yang cukup signifikan dengan perusahaan telekomunikasi besar negara.

Kemitraan ini yang dapat membantu divisi SpaceX menutup celah di jaringan seluler dan seluler generasi kelima, demikian dikutip dari Reuters, Kamis (1/7/2021)

Rencana investasi ini ia paparkan dalam Mobile World Congress, di Barcelona, melalui video.

Bos Tesla ini mengharapkan berinvestasi setidaknya USD 5 miliar hingga USD 10 miliar terlebih dahulu di Starlink. Investasi ini diberikan sebelum perusahaan memiliki arus kas positif.

Starlink adalah serangkaian satelit orbit rendah yang menawarkan konektivitas berkecepatan tinggi dan latensi rendah. Layanan ini bertujuan untuk menyediakan internet ke daerah-daerah yang terisolasi dan tidak terhubung dengan baik.

Sejauh ini, perusahaan telah mengerahkan lebih dari 1.500 satelit dan pada Agustus mendatang bisa menyediakan cakupan internet di seluruh dunia kecuali Kutub Utara dan Selatan.

Beberapa analis mempertanyakan apakah internet satelit dapat menjadi model bisnis yang layak karena terutama menargetkan daerah-daerah terpencil, di mana tidak cukup banyak orang yang mampu membayar tarif tinggi yang diperlukan untuk menutup biaya investasi.

Starlink akan membutuhkan beberapa juta pelanggan yang membayar masing-masing sekitar $99 per bulan untuk menutup investasi $5 miliar dalam waktu satu tahun, kata analis Tim Farrar , presiden TMF Associates.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2064 seconds (0.1#10.140)