Spesifikasi, Harga, dan Fitur Lengkap Smartphone 5G Termurah OPPO A74 5G

Jum'at, 23 April 2021 - 19:51 WIB
loading...
Spesifikasi, Harga, dan Fitur Lengkap Smartphone 5G Termurah OPPO A74 5G
OPPO A74 5G menjadi perangkat lini seri A pertama yang dilengkapi jaringan 5G. Foto: dok OPPO Indonesia
A A A
JAKARTA - Lewat OPPO 5G Academy volume 3, OPPO mengenalkan perangkat 5G paling terjangkau di Indonesia. Yakni OPPO A74 5G.

PR Manager OPPO Indonesia Aryo Meidianto A mengatakan, OPPO A74 5G menjadi perangkat lini seri A pertama yang dilengkapi jaringan 5G. ”Juga menjadi yang pertama mengusung prosesor Qualcomm Snapdragon 480 5G di Indonesia. Kami ingin mempertegas OPPO sebagai pionir teknologi 5G di tanah air,” ujarnya.



Performa Qualcomm Snapdragon 480 5G naik 100 persen dibanding prosesor generasi sebelumnya. Menggunakan 2 x 2.0 GHz ARM Cortex-A76 CPU dan 6 x 1.8 GHz ARM Cortex-A55.

Di sektor grafis perangkat ini dilengkapi GPU 650 MHz Adreno 619. Dengan dukungan mode ganda 5G, OPPO A74 5G mendukung jaringan Standalone (SA) dan Non-Standalone (NSA), memudahkan pengguna tetap dapat menggunakan ponsel setelah operator beralih ke jaringan SA tanpa harus membeli perangkat baru.

Baterainya 5.000 mAh, dengan fitur Battery Guard yang menyesuaikan pengisian daya berdasarkan kebiasaan tidur pengguna dan memastikan ponsel tidak menjadi panas saat mengisi daya sehingga lebih aman.

Pengisian daya Fast Charging 18W dapat mengisi daya ponsel 68% hanya dalam waktu 60 menit. All-around Smart Power Saving pada OPPO A75 5G akan membantu melakukan penghematan daya.

Ada serangkaian strategi penghematan daya termasuk menyesuaikan lampu latar, mengurangi penggunaan CPU, dan menerapkan serangkaian opsi manajemen daya.

Super Nighttime Standby juga bekerja cepat mengurangi konsumsi daya ponsel. Fitur ini mempelajari kebiasaan tidur pengguna sehingga hanya 2% daya ponsel yang dikonsumsi pada malam hari dalam siklus tidur 8 jam.

Untuk mengurangi panas berlebihan ketika digunakan pada jaringan 5G, OPPO A74 5G dilengkapi Multi-Cooling System menggunakan beberapa tabung grafit tebal. Sistem ini membuat pembuangan panas lebih efisien.

Untuk layarnya, memakai LCD 90Hz Hyper Color Screen 6.49 inci dengan desain single punch hole yang memiliki resolusi FHD dan rasio layar 90,5%. Teknologi Hyper-color membuat pengguna dapat melihat foto dan video lebih cerah dan jernih, gambar akan ditampilkan dalam saturasi dan akurasi warna lebih tajam dibanding lini seri A sebelumnya.

OPPO A74 5G juga memiliki kecepatan refresh rate 90Hz dan 180Hz touch sampling rate guna memberikan respons sentuhan lebih baik.

Fitur All-day AI Eye Comfort akan mengurangi cahaya biru pada layar guna mencegah ketegangan pada mata. Sunlight Screen menawarkan visibilitas lebih baik di bawah sinar matahari terik.

Moonlight Screen otomatis mengurangi tingkat kecerahan layar hingga 2 nits pada lingkungan rendah cahaya atau malam hari. AI Backlight dapat mempelajari kebiasaan pengguna menyesuaikan lampu latar dan merekam kecerahan yang disukai.

Spesifikasi, Harga, dan Fitur Lengkap Smartphone 5G Termurah OPPO A74 5G

Soal desain, OPPO memperkenalkan konsep Warm Tech dengan tekstur matte. Namun tetap dapat merefleksikan warna kilau metalik dengan gradasi halus.

Ada dua pilihan warna yaitu Fluid Black dan Space Silver. Fluid Black menggunakan proses dip dye coating untuk memberi efek gradasi hitam. Sementara Space Silver hadir dalam sentuhan akhir matte dengan gradasi warna perak.

Desain ponsel tersebut ramping. Ketebalan bodinya hanya 8,42mm dan berat 190 gram. Penutup baterainya berdesain 3D curved, menimbulkan kesan tipis. Penutup ini memiliki ketebalan 0,55mm, sedangkan layarnya dapat membuang panas lewat pelat grafit setipis 0,1mm.

OPPO A74 5G menyediakan kapasitas penyimpanan memori 6GB LPDDR4X dan penyimpanan internal 128GB. Teknologi Dirac 2.0 memungkinkan perangkat memberi kualitas suara seperti efek suara Dolby.

Kameranya memakai 48MP AI Quad Camera, algoritma resolusi super dapat menghasilkan 108MP Ultra-Clear Image dengan kejernihan setingkat retina.

Ada 4 kamera belakang, terdiri dari kamera utama 48MP, kamera sudut lebar 8MP, kamera hitam-putih (mono) 2MP, dan kamera makro 2MP. Sedangkan kamera depan 16MP.

Fitur AI Scene Enhancement 2.0 akan mencerahkan dan meningkatkan bidikan dengan mengenali setiap skenario dan menyesuaikan saturasi warna dan kontras.
Fitur AI Beautification pada perangkat ini dapat mengidentifikasi wajah, juga mempercantik riasan pengguna sesuai lingkungan sekitarnya. Ultra-Night Mode mengakomodasi kebutuhan pengambilan foto pada malam hari. Sementara Stylishing Filters mewadahi 15 filter untuk meningkatkan warna atau mencerahkan kulit.
Fitur Assistant Privacy di ColorOS 11.1 dapat menjaga data pribadi dan privasi agar tetap bersih dan aman.

Idle Time Optimizer secara otomatis dapat menganalisis ponsel terhadap spam atau file sampah dan membersihkannya saat malam hari sehingga keesokan paginya perangkat berjalan lancar.

Private Safe akan menyimpan file data dengan aman di OPPO HeyCloud, yang memudahkan pengguna mengambil kembali file atau data apabila perangkat hilang.
Fitur App Lock akan melindungi aplikasi dengan password. Aplikasi keamanan ini memastikan pengguna dapat leluasa meminjamkan perangkat tanpa memberikan informasi pribadi. Sementara Screencast Privacy Shield berguna memblokir pesan dan pemberitahuan sensitif agar tidak ditampilkan ketika perangkat dihubungkan ke layar presentasi.



OPPO A74 5G dijual dengan banderol Rp3.699 juta, dengan dua warna Fluid Black dan Space Silver. OPPO A74 5G hanya akan dijual secara daring melalui Shopee.co.id mulai 23 April 2021.

Spesifikasi OPPO A74 5G
- Prosesor Qualcomm Snapdragon 480 5G
- RAM + ROM 6 GB LPDDR4X + 128 GB UFS 2.1
- Berat & Ketebalan 180 gram & 8.42mm
- Layar 6.49-inch FHD+ punch-hole LCD screen, 2400 x 1080 pixels; 405 PPI; 90HZ Refresh Rate; 90.5% Screen to Body Rasio
- Kamera Depan 16MP F/2.0
- Kamera Utama 48MP Main Camera F/1.7
- Kamera wide-angle 8MP F/2.2
- Kamera Mono Camera 2MP F/2.4
- Kamera Macro 2MP F/2.4
- Penguncian Perangkat Side Fingerprint Sensor
- Kapasitas Baterai 18W Fast Charge
- Bagerai 5.000mAh
- Jaringan Dual-mode 5G, 4G LTE, VoLTE
- Konektivitas 3.5mm Audio Jack, Bluetooth, NFC
- Sistem Operasi ColorOS 11.1
- Warna Fluid Black & Space Silver
- Harga Rp3.699.000
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4332 seconds (0.1#10.140)