Tingkatkan Jaringan 4G, Indosat Ooredoo Uji Coba OpenRAN di Maluku

Senin, 19 April 2021 - 18:02 WIB
loading...
Tingkatkan Jaringan 4G, Indosat Ooredoo Uji Coba OpenRAN di Maluku
Operator-operator di dunia yang sudah menerapkan teknologi OpenRAN. Foto/Screenshot
A A A
JAKARTA - Indosat Ooredoo menjadi operator seluler pertama di Indonesia yang menjalankan uji coba lapangan OpenRAN (Radio Access Network), yang mencakup pembuktian konsep (proof of concept) dan pengujian fungsional.

Uji coba lapangan ini dilakukan di beberapa lokasi di wilayah Maluku, sejak Maret sampai akhir April, sebagai bagian dari upaya agresif Indosat Ooredoo dalam meningkatkan dan memperluas jaringan 4G berkualitas video (video grade network). Uji coba tersebut didukung oleh Grup Proyek OpenRAN Telecom Infra Project (TIP) dan Parallel Wireless.



Maluku dipilih sebagai lokasi uji coba, karena ada kebutuhan perusahaan untuk pengembangan jaringan di area yang masih kurang layanannya, tapi tetap butuh efisiensi biaya dalam pembangunannya.

"Maluku merepresentasikan area yang disasar tersebut," ungkap Steve Saerang, SVP-Head Corporate Communications Indosat Ooredoo , saat konferensi pers virtual, Senin (19/4/2021).

OpenRAN merupakan teknologi yang mendukung antarmuka RAN untuk dapat dioperasikan secara terbuka, sehingga memungkinkan konektivitas antar perangkat keras dan lunak dari vendor telekomunikasi yang berbeda.

Kemampuan disaggregation dalam OpenRAN diharapkan bisa semakin menekan biaya penyediaan jaringan, sehingga dapat menjadi solusi bagi operator seluler dan pemerintah untuk mempercepat perluasan jaringan 4G ke wilayah pedalaman Indonesia termasuk daerah 3T (Tertinggal, Terdepan dan Terluar).

"Lebih dari 23 operator di dunia sudah menerapkan OpenRAN sebagai solusi. Indosat Ooredoo menjadi yang pertama di Indonesia," kata Kees van peer, SPV Head of Technology Strategy and Partnership Indosat Ooredoo, pada kesempatan yang sama.



Sementara itu, Chief Technology and Information Officer Indosat Ooredoo, Medhat Elhusseiny, mengatakan keberhasilan uji coba lapangan di beberapa lokasi di wilayah Maluku ini semakin memperkokoh posisi Indosat Ooredoo sebagai pelopor penerapan inovasi teknologi terbaru, untuk membangun infrastruktur telekomunikasi dengan lebih cepat sekaligus efisien.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2317 seconds (0.1#10.140)