Waspada Modus Phising Lewat Tautan Giveaway PS5

Minggu, 11 April 2021 - 20:06 WIB
loading...
Waspada Modus Phising Lewat Tautan Giveaway PS5
Perusahaan keamanan siber Kaspersky menemukan cukup banyak penipuan yang memberi iming-iming hadiah PlayStation 5 (PS5) di internet. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Perusahaan keamanan siber Kaspersky menemukan cukup banyak penipuan yang memberi iming-iming hadiah PlayStation 5 (PS5) di internet.

Perusahaan asal Rusia tersebut menemukan ada beberapa model phishing yang digunakan untuk menyebarkan tautan hadiah PS5, salah satunya melalui email.



Email phishing berisi biasanya penawaran untuk kesempatan memenangkan PlayStation 5 secara gratis. Padahal pengirim dibalik email tersebut tidak jelas keasliannya.

Pasalnya para penipu menggunakan nama pengirim yang mirip dengan organisasi betulan, namun, tidak berhubungan dengan konsol game, misalnya perusahaan farmasi.

Tangan-tangan jahil itu biasanya meminta korban untuk mengikuti kompetisi dengan mendaftarkan alamat email, setelah itu korban diminta membuka situs e-commerce abal-abal.

Untuk memanipulasi emosi korban, penipu mengatakan korban adalah salah satu pemenang undian hanya memberikan waktu beberapa detik untuk memberikan konfirmasi, seolah hadiah akan hangus jika tidak segera mengiyakan.



Korban setelah itu akan diminta membayar sejumlah uang yang jika dikalkukasikan jumlahnya memang lebih sedikit jika membeli satu unit PS5. Para penipu berdalih pembayaran tersebut bertujuan untuk ongkos kirim hadiah.

Kemudian, korban akan diminta untuk mengisi data seperti alamat, nomor telepon, email dan detail perbankan termasuk nomor CVV kartu perbankan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1475 seconds (0.1#10.140)