Facebook Hapus Ratusan Akun Palsu Anti Iran

Kamis, 08 April 2021 - 10:10 WIB
loading...
Facebook Hapus Ratusan Akun Palsu Anti Iran
Ilustrasi Facebook. FOTO/ Ist
A A A
MENLO PARK - Facebook baru-baru ini menyatakan bahwa pihaknya telah menghapus ratusan akun palsu yang terkait dengan kelompok militan anti Iran dan peternakan troll di Albania.

Akun tersebut memposting konten yang mengkritik pemerintah Iran dan mendukung Mujahidin-e-Khalq, kelompok pembangkang yang dikenal sebagai MEK.

Dalam banyak kasus ditemukan akun Facebook dan Instagram menggunakan nama dan foto profil palsu.

Facebook menetapkan bahwa akun-akun tersebut dijalankan dari satu lokasi di Albania oleh sekelompok individu yang bekerja atas nama MEK.



Facebook menemukan petunjuk lain yang menunjukkan apa yang disebut peternakan troll, di mana para pekerjanya sering dibayar untuk memposting konten, termasuk informasi yang salah ke media sosial.

Facebook mengatakan menghapus akun semacam itu berdasarkan perilaku mereka, bukan materi yang mereka posting.

Pertama, para peneliti menemukan bahwa aktivitas tersebut tampaknya mengikuti hari kerja Eropa tengah, dengan posting yang diambil setelah jam 9 pagi, lalu mulai melambat di penghujung hari, dan dengan jeda yang nyata pada waktu makan siang. Meski demikian Facebook mengatakan tidak menemukan bukti orang dibayar.

"Bahkan troll perlu makan," kata Facebook Global Threat Intelligence Investigations, Ben Nimmo, dalam panggilan konferensinya dengan media dilansir dari ABC News, Kamis (8/4/2021).

Dewan Nasional untuk Perlawanan di Iran, sebuah kelompok wadah yang mencakup MEK mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa tidak ada akun yang berafiliasi dengannya atau MEK yang telah dihapus. Kelompok itu juga membantah keberadaan peternakan troll Albania yang berafiliasi dengan MEK.

MEK adalah kelompok terkemuka yang menentang pemerintah Iran. Mereka telah membunuh orang Amerika sebelum Revolusi Islam 1979 dan diberi label sebagai organisasi teroris oleh Departemen Luar Negeri hingga 2012.

Namun demikian, politisi AS dari kedua partai termasuk Rudy Giuliani dan Newt Gingrich telah memberikan pidato berbayar kepada MEK di masa lalu.

Jaringan akun palsu terdeteksi paling aktif pada 2017 dan pada akhir 2020. Secara keseluruhan, lebih dari 300 akun, halaman, dan grup di Facebook dan Instagram dihapus sebagai bagian dari tindakan perusahaan. Sekitar 112.000 orang mengikuti satu atau lebih akun Instagram.

Dalam beberapa kasus, akun palsu tersebut menggunakan foto selebriti Iran atau almarhum pembangkang. Sebagian kecil dari akun Instagram yang lebih baru tampaknya telah menggunakan gambar profil yang dibuat oleh komputer.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2219 seconds (0.1#10.140)