Pengguna Website di Indonesia Naik 61,6% Sepanjang 2020

Rabu, 07 April 2021 - 23:35 WIB
loading...
Pengguna Website di Indonesia Naik 61,6% Sepanjang 2020
Hingga Februari 2021 pengguna domain .id menyentuh angka 500.000 pengguna. Foto/Ist.
JAKARTA - Menurut Hootsuite, per Januari 2021 saja pengguna internet di Indonesia mencapai angka 202,6 juta. Tentu jika dirilis ada teraktual saat ini, angka tersebut terus membengkak.

Di era seperti saat ini, internet sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan sekaligus mempermudah segala aktivitas. Terbukti, setiap tahunnya pengguna internet terus mengalami peningkatan.

BACA JUGA: Unboxing Realme 8 Pro, Rp4,5 Juta, Kamera 108 MP dan Layar Super AMOLED

Elemen penting dari ketersediaan internet adalah website. Penggunaannya bisa menunjukkan identitas digital bagi personal maupun kepentingan perusahaan, bisnis, dan lainnya.

Menurut data dari Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI), hingga Februari 2021 pengguna domain .id menyentuh angka 500.000 pengguna. Ini menunjukkan bahwa semakin banyak orang yang sadar akan pentingnya website di era serba digital dalam membentuk eksistensi daring.



Data tersebut juga sejalan dengan data Exabytes Indonesia, sebuah perusahaan daring digital yang melayani pendaftaran domain, penyewaan web hosting, web design, dan digital marketing.

Dalam laporan Indonesia Website Awards 2020 yang diadakan oleh Exabytes Indonesia, tercatat ada 1057 website yang terdaftar sepanjang 2020. Angka tersebut naik 61,6% dibandingkan laporan tahun sebelumnya.

"Website yang terdaftar mayoritas adalah website dengan domain .id," ungkap Indra Hartawan, Country Manager Exabytes Indonesia, dalam keterangan resminya, Rabu (7/4).

Menurut Indra, website memiliki peran penting bagi usaha bisnis, terutama setelah mengalami kesulitan di masa pandemi Covid-19. Perubahan perilaku konsumen pun ikut berubah, seiring banyaknya orang mulai mengutamakan transaksi secara daring.

BACA JUGA: 5 Tips untuk Memilih Ponsel Gaming yang Gacor



“Banyak pebisnis mulai melihat sebuah nilai ketika membuat website, karena situasi mulai bertransformasi ke transaksi belanja online hingga traffic e-commerce pun melonjak, sehingga orang-orang mulai melihat hal itu sebagai nilai lebih untuk meningkatkan kesuksesan secara online," tandasnya.
(dan)
preload video
Komentar Anda
TEKNO UPDATE