Menkominfo Pastikan BTS di Wilayah Bencana NTT Akan Beroperasi

Rabu, 07 April 2021 - 17:03 WIB
loading...
Menkominfo Pastikan BTS di Wilayah Bencana NTT Akan Beroperasi
ilustrasi tower seluler. FOTO/ Ist
A A A
JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G. Plate, memastikan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi (TIK) seperti Base Transceiver Station (BTS) di daerah terdampak bencana alam di Nusa Tenggara Timur (NTT) akan kembali beroperasi.

“Langkah pertama tentu kita harus menghadirkan standby genset di sana untuk menghidupkan kembali infrastruktur telekomunikasinya, agar internet bisa beroperasi dan hidup kembali, pelayanan yang menggunakan telekomunikasi bisa berfungsi kembali,” ujarnya, dikutip dari laman resmi Kominfo, Rabu (7/4/2021).



Johnny mengklaim kementerian dan lembaga terkait telah memastikan keadaan tanggap darurat segera dilakukan. “Dari hasil monitoring saya lihat, memang infrastruktur telekomunikasi terdampak karena bencana alam hujan dan banjir power supply-nya terganggu,” jelasnya.

Dari ketersediaan layanan telekomunikasi dan perbaikan menara BTS, infrastruktur yang dibangun oleh Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kominfo yang mengalami kendala, juga akan segera ditangani.

Sedangkan BTS yang dibangun oleh operator seluler juga sedang dilakukan koordinasi agar segera dihidupkan dan memfungsikan kembali, sehingga layanan telekomunikasi bisa berlangsung normal.

Berdasarkan informasi yang diterima, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, bersama jajaran Perusahaan Listrik Negara (PLN) sedang menyiapkan dan mengambil berbagai langkah-langkah koordinasi untuk menghadirkan dan menghidupkan kembali power supply untuk ketersediaan listrik di wilayah terdampak.

“Kita tentu sangat bersedih dan berduka bahwa terjadi bencana alam di Provinsi Nusa Tenggara Timur yang terdampak luar biasa, korban nyawa, masyarakat yang akhirnya harus mengungsi mencari tempat-tempat penginapan sementara,” tandasnya menyampaikan dukacita.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3174 seconds (0.1#10.140)