Pakai Sistem IRT, Puluhan Ribu Siswa Ikuti Tryout Online UTBK Nasional

Selasa, 06 April 2021 - 18:32 WIB
loading...
Pakai Sistem IRT, Puluhan Ribu Siswa Ikuti Tryout Online UTBK Nasional
Ilustrasi Belajar Online. FOTO/ DOK SINDOnews
JAKARTA - Pada tanggal 22 Maret pekan lalu, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mengumumkan perolehan siswa yang lolos SNMPTN di tahun 2021 mencapai 110.459 siswa. Jumlah tersebut terdiri dari 100.356 siswa lolos pada PTN pilihan pertamanya.

Kemudian 10.103 siswa lainnya diterima pada PTN pilihan kedua. Sementara, siswa pemegang Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIPK) yang lolos mencapai 29.904 orang. Selain melalui jalur SNMPTN, siswa yang belum berhasil lolos masih memiliki kesempatan untuk dapat melanjutkan ke perguruan tinggi negeri pilihannya melalui jalur UTBK-SBMPTN.

BACA JUGA - Jalur Pelayaran Lumpuh, Inilah Sejarah Panjang Terusan Suez

Memasuki bulan-bulan terakhir di tahun ajaran 2020/2021, para siswa SMA di seluruh Indonesia mulai kembali bersiap untuk menghadapi UTBK yang akan diselenggarakan pada bulan April nanti. Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah menetapkan jadwal pelaksanaan tes UTBK 2021 yang dimulai pada 12 April 2021 yang terbagi atas 2 gelombang.

Gelombang pertama pada 12-18 April 2021 dan gelombang kedua pada 26 April - 2 Mei 2021. Sebagai upaya untuk memaksimalkan persiapan siswa menghadapi ujian, Quipper kembali menyelenggarakan Tryout Online UTBK Nasional yang diselenggarakan di bulan Oktober 2020 & Maret 2021 yang telah diikuti oleh 84.000 siswa dari seluruh Indonesia.



Sistem penilaian Tryout Online UTBK Nasional yang diselenggarakan oleh Quipper secara gratis pada tanggal 8-17 Maret 2021, akan dihitung dengan sistem penilaian IRT (Item Response Theory) yang digunakan oleh LTMPT.

Penilaian dengan IRT akan memberikan bobot nilai sesuai dengan tingkat kesulitan soal. Semakin banyak soal sulit yang dapat diselesaikan oleh siswa, maka semakin tinggi pula nilai yang akan didapatkan, dan hasil tryout ini juga diharapkan dapat membantu para siswa untuk mendapatkan gambaran (nilai) seperti pada pelaksanaan UTBK-SBMPTN sebenarnya.

Hanani Faiza, Content Manager Quipper Indonesia menjelaskan bahwa materi-materi Tryout Online UTBK Nasional yang diimplementasikan merupakan hasil analisis dari materi UTBK beberapa tahun sebelumnya dan jumlah siswa yang turut berpartisipasi pada tahun ini pun meningkat cukup signifikan dari periode sebelumnya.

“Tryout UTBK yang diselenggarakan oleh Quipper kali ini telah berdasarkan analisis materi UTBK dari beberapa tahun sebelumnya yang dilakukan oleh para ahli di bidang pendidikan. Tahun ini juga kami melihat tingkat kesulitan soal dimana diharapkan dapat memberikan tantangan tersendiri bagi para siswa untuk lebih matang menghadapi UTBK SBMPTN 2021. Selain itu juga, jumlah siswa yang mengikuti Tryout Online UTBK Nasional kali ini meningkat hingga 40% ” Ujar Hanani.
(wbs)
preload video
Komentar Anda
TEKNO UPDATE