Membuat QR Code dengan Mudah, Ini Tiga Situs yang Bisa Jadi Referensi

Senin, 05 April 2021 - 19:27 WIB
loading...
Membuat QR Code dengan Mudah, Ini Tiga Situs yang Bisa Jadi Referensi
Foto/dok
JAKARTA - Kode batang atau barcode merupakan kumpulan data optik yang bisa dibaca oleh mesin. Teknologi ini digunakan untuk berbayai proses, seperti pembayaran, tautan, atau alamat. Jenis kode batang untuk berbagi link ini disebut dengan kode batang dua dimensi atau QR code.

QR Code merupakan kependekan dari Quick Response Code. Sesuai namanya, fitur ini mampu mengirimkan informasi dengan cepat dan mendapatkan respons yang cepat juga. BACA: Ponsel 'Jadul' Enggak Bisa Scan Barcode? Ini Solusinya

Berbeda dengan barcode yang hanya menyimpan informasi secara horizontal, QR Code mampu menyimpan informasi secara horizontal dan vertikal. Dengan begitu, secara otomatis QR Code dapat menyimpan lebih banyak informasi dibandingkan barcode.

Cara memindai QR Code juga sangat mudah. Cukup mengarahkan kamera ke QR Code , melalui smartphone yang sudah mendukung untuk pemindaian.

Untuk membuat QR Code juga cukup mudah. Bisa memanfaatkan pihak ketiga yang menyediakan layanan pembuatan tersebut. Berikut ini beberapa caranya, dihimpun dari berbagai sumber.



1. QR Code Generator

Situs ini melayani pembuatan QR Code yang mudah untuk digunakan. Cukup ke laman qr-code-generator.com, lalu masukkan tautan yang akan diubah menjadi QR code. Pengguna juga dapat menentukan warna, bingkai, dan menyisipkan logo pada QR Code.

2. QR Code Monkey

QR Code Monkey ini juga bisa menjadi pilihan untuk membuat sebuah QR Code . Hasil QR Code yang dibuat bisa disimpan dalam format PNG, SVG, PDF, dan EPS, dengan resolusi dari rendah hingga tinggi. Desain dari QR Code juga bisa diubah sesuai keinginan, cukup masuk ke laman qrcode-monkey.com. BACA JUGA: Fenomena Antariksa yang Terjadi Pada Pertengahan April 2021

3. QR Stuff



QR Stuff juga merupakan pilihan alternatif sebagai pembuat QR Code. Tampilan situs ini cukup sederhana dan ringan. Namun, fitur yang ditawarkan juga tak kalah canggih dari pembuat QR Code lainnya. Pengguna dapat membuat QR Code dengan beragam warna dan menyimpannya dengan berbagai format.
(ysw)
preload video
Komentar Anda
TEKNO UPDATE