Ponsel 'Jadul' Enggak Bisa Scan Barcode? Ini Solusi Gratisnya

Sabtu, 19 Desember 2020 - 18:50 WIB
loading...
Ponsel Jadul Enggak Bisa Scan Barcode? Ini Solusi Gratisnya
Smartphone yang kameranya belum mumpuni melakukan scan barcode membutuhkan aplikasi ketiga agar tetap bisa memindai barcode. Foto/static vecteezy
A A A
JAKARTA - Seiring perkembangan teknologi yang semakin canggih, smartphone menjadi perangkat yang sangat berguna untuk menjalani kehidupan sehari-hari. Saat berbelanja misalnya, banyak toko modern sudah menyertakan barcode untuk mengecek harga ataupun saat pembayaran.

Bagi kamera smartphone keluaran terbaru ini bukan masalah. Karena sudah bisa melakukan pemindaian atau scan barcode secara otomatis. (Baca juga: Skema Vaksin Covid-19 Gratis, Menteri Erick Thohir: Barcode Jadi Bukti )

Tetapi tak sedikit smartphone yang kameranya belum mumpuni untuk melakukan pekerjaan tersebut. Karena itu, dibutuhkan aplikasi ketiga agar kita pemilik ponsel jadul tetap bisa memindai barcode.

Berikut ini beberapa aplikasi scan barcode khusus untuk smartphone berbasis Android yang dapat diunduh secara gratis di Play Store:

Barcode Scanner
Aplikasi scan QR code ini bisa memberikan info produk dengan detail tanpa meninggalkan layar kamera. Aplikasi ini bisa memindai banyak sekali barcode atau QR code, sehingga akan lebih mudah untuk digunakan.

QRbot-QR & Barcode Reader
Aplikasi ini bisa digunakan untuk melihat atau memindai banyak sekali jenis barcode atau QR code. Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan membuat barcode sendiri. Tampilan user interface dari aplikasi ini juga cukup simpel dan mudah untuk digunakan.

Scanlife Barcode & QR Reader
Aplikasi ini cukup lengkap, karena untuk scan QR code dan barcode sudah menjadi satu. Pengguna bisa mengetahui harga dari beberapa produk yang menggunakan barcode.

Bahkan, aplikasi ini juga bisa menunjukkan tentang informasi penawaran khusus atau diskon dari toko dan barang tersebut. Membaca ulasan mengenai produk tersebut juga bisa dilakukan dengan aplikasi.

Free QR Scanner-Barcode Scanner, QR Code Reader
Aplikasi ini mampu decode dan memindai semua jenis QR code dan juga barcode seperti produk, kontak, WiFi, URL, teks, email, lokasi, buku, kalender, dan lain sebagainya. Bahkan Anda juga bisa mengetahui kupon diskon atau kode promo dengan aplikasi ini.

FIXR - Entry Manager
Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk memindai barcode tiket dan menjamin verifikasi yang cepat. Aplikasi ini tentunya sangat penting untuk pengguna yang bekerja di bidang administrasi bandara. (Baca juga: Empat Model iPhone 12 Sudah Nongkrong di Gerai iBox, Yuk Dibawa Pulang! )
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2146 seconds (0.1#10.140)