Sekarang Bayar Ini-Itu Cukup dengan Berswafoto, Benarkah?

Sabtu, 27 Maret 2021 - 10:30 WIB
loading...
Sekarang Bayar Ini-Itu Cukup dengan Berswafoto, Benarkah?
Dengan teknologi DANAVIZ, pengguna DANA cukup menggunakan foto wajahnya tanpa perlu memasukkan PIN verifikasi. Foto/ist
JAKARTA - Mau bayar pakai apaan? Memangnya wajahmu laku dijual? Dulu pertanyaan tersebut sering digunakan sebagai sindirian atau gurauan, tapi sekarang jadi kenyataan. Baca juga: Transaksi Dompet Digital Melesat, Bikin Dompet Kulit Makin Tepos

Dengan dukungan sistem pembayaran yang semakin canggih dan berbekal saldo digital yang mencukupi, gabungan teknologi dompet digital dan biometrik memungkinkan kita untuk menyelesaikan transaksi dengan berswafoto.

Sejalan dengan perkembangan tersebut, dompet digital DANA menghadirkan teknologi baru yang memanfaatkan sistem pengenalan wajah untuk menyelesaikan pembayaran transaksi. Dengan teknologi DANAVIZ (Visual Identity AuthoriZation) ini, pengguna cukup menggunakan foto wajahnya tanpa perlu memasukkan PIN verifikasi untuk menyelesaikan transaksi.

“Hadirnya fitur ini merupakan wujud komitmen DANA untuk terus mengembangkan teknologi kami guna meningkatkan keamanan serta semakin memudahkan pengguna, sekaligus memberikan pengalaman bertransaksi yang menyenangkan. Pengembangan teknologi VIZ (Visual Identity AuthoriZation) ini selaras dengan tiga pilar DANA yang mengedepankan kepercayaan pengguna lewat teknologi terdepan,” kata Vince Iswara, CEO dan Co-Founder DANA.



Verifikasi wajah adalah bagian dari teknologi biometrik yang mampu mengotentikasi wajah manusia dari gambar digital atau bingkai video terhadap database wajah. Penggunaan teknologi pengenalan wajah belakangan terus meningkat dan semakin luas menjangkau berbagai sektor, baik pemerintah maupun swasta.

Mulai dari perawatan kesehatan, otomotif, rumah pintar, kontrol akses, dan banyak lagi. Selama pandemik, sejumlah negara juga menggunakan teknologi pengenalan wajah, untuk mengenali orang yang terinfeksi.

Di industri pembayaran digital Indonesia, teknologi pengenalan wajah juga sudah digunakan. Tetapi umumnya baru sebatas untuk verifikasi saat pengguna melakukan login aplikasi. Dalam aplikasi DANA, teknologi pengenalan wajah untuk tujuan keamanan ini sudah tersedia dalam fitur Face Login.

Kini lewat VIZ, DANA memungkinkan pengguna memanfaatkan verifikasi wajah tidak hanya untuk melakukan login aplikasi, namun juga untuk membayar transaksi. Dengan begitu, bertransaksi menggunakan DANA semakin aman karena pengguna memiliki opsi baru untuk melindungi keamanan dana, data, dan transaksi milknya.

Untuk merasakan manfaat DANA VIZ cukup mudah. Pengguna hanya perlu masuk ke aplikasi DANA, lalu menuju ke halaman Saya di beranda DANA, lalu pilih Pengaturan Profil, dan terakhir ketuk Verifikasi Wajah untuk mengaktifkan.

Selanjutnya, di setiap transaksi, pengguna akan ditawarkan pilihan pembayaran berupa verifikasi wajah. Pengguna hanya perlu mengarahkan kamera dengan berswafoto agar teknologi VIZ dapat dengan mudah mengidentifikasi wajah pengguna. Jika sukses, pembayaran akan otomatis berhasil. Seperti halnya fitur Face Login, VIZ juga dapat digunakan oleh semua pengguna DANA tanpa terkecuali, termasuk para pengguna yang belum mengaktifkan DANA Premium. Baca juga: 10 Letusan Gunung Api Paling Eksplosif di Dunia, 3 Terjadi di Indonesia
(iqb)
preload video
Komentar Anda
TEKNO UPDATE