Perkembangan dan Jenis-Jenis Mouse Komputer dari Awal hingga Saat Ini

Rabu, 24 Maret 2021 - 13:00 WIB
loading...
Perkembangan dan Jenis-Jenis Mouse Komputer dari Awal hingga Saat Ini
Ilustrasi Jenis-Jenis Mouse . FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Seiring perkembangan zaman, teknologi pun semakit berkembang. Misalnya, pada perangkat elektronik, sangat terlihat perubahannya yang menyesuaikan kemajuan teknologi.

Komputer merupakan salah satu perangkat elektronik yang juga terus mengalami perkembangan. Wujudnya pun berubah-ubah, dari layar, papan kunci atau keyboard, maupun tetikus atau mouse.

Perubahan bentuk mouse juga sangat menarik. Ada beberapa jenis mouse yang pernah diciptakan sepanjang terciptanya perangkat komputer.

Berikut ini jenis-jenis mouse yang pernah digunakan di dunia, mengutip dari Instagram resmi Kementerian Komunikasi dari Informatika (Kominfo), Rabu (24/3/2021).

Bus Mouse

Mouse yang dapat terkoneksi melalui bus dan terintegrasi pada ISA add-in card.

Serial Mouse

Mouse jenis ini digunakan pada komputer di era pentium 1 sampai pentium 3, yang memiliki sembilan di ujungnya dan disambungkan di bagian belakang motherboard.

PS/2 Mouse

Mouse tahun 80-an dan booming di tahun 1987 ini menggunakan konektor berupa 6-pin mini din yang dimasukkan dengan konetor berwarna hijau.

Mechanical Mouse

Mouse yang memiliki bola di bagian bawah ini sempat populer pada 2008-an. Mouse ini mengharuskan penggunanya menggunakan mouse pad senagai alasnya.

Optomechanical Mouse

Mouse jenis ini memiliki komponen yang mirip dengan bola, namun memiliki sensor sinar untuk mengoperasikan posisi pointer.

Optical Mouse

Mouse ini sudah tidak menggunakan komponen bola lagi dan bisa digunakan tanpa memerlukan mouse pad.

USB Mouse

Mouse jenis ini banyak digunakan hingga sekarang. Bagian ujung kabelnya memakai port USB.

Wireless Mouse

Mouse terbaru ini sudah tidak memerlukan kabel lagi melainkan menggunakan wireless. Penggunaannya memanfaatkan sinyal melalui wireless yang diterima receiver device pada chip USB.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1432 seconds (0.1#10.140)