Ini Prediksi Tren Teknologi Enterprise Utama di Tahun 2021

Sabtu, 20 Maret 2021 - 13:30 WIB
loading...
Ini Prediksi Tren Teknologi Enterprise Utama di Tahun 2021
Kunci kesuksesan bisnis saat ini akan ditentukan oleh kemampuan perusahaan dalam mengintegrasikan solusi teknologi terbaru untuk tetap beroperasi dan meraih keuntungan. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Zebra Technologies Corporation mengumumkan prediksi tren teknologi enterprise utama pada 2021 terkait masih merebaknya wabah COVID-19.

Pandemik telah menghambat kegiatan operasional banyak perusahaan di berbagai industri pada 2020 dan akan berlanjut sampai tahun ini. Tetapi keadaan ini juga bisa menjadi katalis yang dapat mengakselerasi tren-tren teknologi utama yang saat ini tengah naik daun seperti e-commerce , automasi, dan optimalisasi supply chain.

Oleh karena itu, kunci kesuksesan bisnis saat ini akan ditentukan oleh kemampuan perusahaan dalam mengintegrasikan solusi teknologi terbaru untuk tetap beroperasi dan meraih keuntungan. Integrasi solusi teknologi baru tersebut juga dapat mengoptimalkan workflow untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan permintaan dan disrupsi di sisi supply chain, yang sangat penting bagi keberhasilan bisnis.

Banyak perusahaan telah menambah anggaran untuk membeli teknologi automasi yang pintar, termasuk robotik dan artificial intelligence (AI) serta machine learning (ML) dan solusi prescriptive analytics. Perusahaan-perusahaan di Indonesia yang berencana memperlengkapi para pekerja di lini depan dengan insight yang membuat mereka bisa melakukan tindakan cepat (real-time action) perlu memprioritaskan teknologi-teknologi tersebut di tahun 2021.

Di bawah ini prediksi tren-tren teknologi enterprise utama di tahun 2021:

Computer and Machine Vision
Kemajuan dalam teknologi computer vision dan machine vision telah memberikan gambaran yang lebih jelas mengenai lingkungan fisik perusahaan di berbagai industri. Dengan sistem computer vision akan tercipta solusi-solusi yang secara visual dapat menafsirkan dan memahami dunia secara lebih luas dan lebih dinamis.

Computer vision memiliki kemampuan melakukan pengenalan (recognition) yang mampu menyaingi kemampuan manusia. Dengan demikian, pengguna dapat mengetahui status inventori dengan lebih baik dan mempercepat proses check out di tempat transaksi. Machine vision adalah bagian dari computer vision. Teknologi ini menggunakan teknik visual untuk berfokus pada inspection analysis dan pendeteksian anomali.

Dengan berbagai kemampuan untuk menangkap, memroses, menginterpretasikan, dan mengarahkan tindakan, computer and machine vision dapat membantu memecahkan masalah-masalah mendesak yang sebelumnya dibebankan kepada para pekerja.

Automasi Pintar (Intelligent Automation)
Automasi pintar atau Intelligent automation difasilitasi oleh asisten virtual seperti Alexa dan Siri. Penggunaan teknologi machine learning semacam ini oleh perusahaan akan memperbaiki workflow, delivery, dan consumer experience. Selain itu, AI dapat meningkatkan kemampuan perusahaan dalam merekomendasikan tindakan korektif.

Selanjutnya, AI serta robotik akan mendorong agar automasi pintar dapat menjadi bagian dari tren Internet of Things (IoT) dan Industry 4.0. Hasilnya, penggunaan AI di sektor manufaktur dan logistik diperkirakan akan meningkat pada tahun 2021.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2172 seconds (0.1#10.140)