Panduan Mencegah Serangan Aplikasi Berbahaya dari OS Android

Jum'at, 19 Maret 2021 - 07:54 WIB
loading...
Panduan Mencegah Serangan Aplikasi Berbahaya dari OS Android
Saat Play Store mulai menarik lebih banyak pengguna, banyak aplikasi langsung masuk ke pasar aplikasi tersebut. Namun tak semuanya berniat baik. Foto/Ist
JAKARTA - Ekosistem Android pertama kali menjadi populer hampir satu dekade lalu dan ini menjadikannya sebagai sasaran oleh para penjahat siber guna meraup keuntungan. Google saat itu merintis dan menyederhanakan pengalaman ponsel cerdas untuk ratusan juta pengguna di seluruh dunia. Baca juga: Demi Keamanan Rekening Bank, Hapus Aplikasi Ini di Ponsel Anda Sekarang!

Salah satu perangkat lunak yang benar-benar meroket dalam popularitas kolektif adalah aplikasinya. Ini pada dasarnya adalah program komputer yang dirancang untuk digunakan pada ponsel cerdas.

Saat Play Store mulai menarik lebih banyak pengguna, tidak butuh waktu lama bagi beberapa aplikasi hebat untuk mulai dikembangkan secara beramai-ramai. Tidak hanya berguna untuk kehidupan sehari-hari, tapi juga menawarkan tingkat kenyamanan dan akses ke informasi yang belum pernah terjadi sebelumnya di era informasi.

Tetapi itu juga berarti mereka yang memiliki niat jahat ikut dalam rombongan yang sama. Ini berarti ada banyak aplikasi yang harus dicoba dan dihindari pengguna sebanyak mungkin.

Karena itu, kewaspadaan pengguna ponsel berbasis OS Android patut waspada terhadap apa yang diunduh di pasar aplikasi, Google Play Store. Dilansir dari technologies.co.uk, berikut ini panduan bagi pengguna Android agar lebih berhati-hati memilih menggunakan aplikasi:



Aplikasi Cuaca
Mampu mengetahui cuaca dengan satu sentuhan jari adalah konsep yang brilian pada awalnya. Setiap orang perlu membuat rencana sebelumnya untuk hari atau akhir pekan mereka dan memiliki akses ke cuaca.

Sayangnya popularitas genre aplikasi cuaca juga menjadikannya sebagai target oleh para penjahat siber. Dan tidak lama kemudian, Play Store dipenuhi aplikasi cuaca yang meminta akses telepon yang tidak diperlukan oleh aplikasi cuaca sederhana.

Saat memilih aplikasi cuaca, yang terbaik adalah men-download yang memiliki reputasi baik. Atau diberdayakan oleh perusahaan terkenal, seperti Google.

Aplikasi Media Sosial
Media sosial telah mengubah cara kita berkomunikasi satu sama lain. Sedangkan onsel cerdas memberikan peluang sempurna untuk mengambil tingkat komunikasi itu dan menjadikannya mobile.

Tetapi mulai awal tahun 2000-an, platform media sosial dengan cepat mengetahui betapa menguntungkannya mengumpulkan data pengguna dan menjual iklan bertarget. Ketika perusahaan yang sama ini membuat aplikasi untuk berbagai perangkat di pasar, mereka memastikan untuk mengemasnya penuh dengan pencatatan dan bentuk pengumpulan data lainnya untuk mencoba dan mempelajari semua yang mereka bisa tentang penggunanya.



Saat ini, sebagian besar pakar keamanan akan merekomendasikan untuk menghindari semua aplikasi media sosial sebanyak mungkin untuk mengurangi jumlah data yang mereka kumpulkan.

Phone Cleaner
Jauh sebelum Android menjadi pengalaman yang sangat sempurna dan otomatis seperti sekarang, Android terkenal karena jumlah data yang tidak perlu yang disimpannya dari waktu ke waktu.

Telah beredar luas bahwa aplikasi ini juga akan membantu meningkatkan masa pakai baterai, dan membuka lebih banyak penyimpanan pada perangkat. Sayangnya, seperti aplikasi cuaca, ini membuka jendela bagi penjahat dan penipu untuk menjual aplikasi yang membutuhkan lebih banyak izin daripada yang diperlukan, memungkinkan aplikasi untuk mengumpulkan data tentang perangkat dan penggunanya berbondong-bondong.

Karena itu, Phone Cleaner bisa bermanfaat membersihkan itu semua. Tapi kita juga harus cermat memilihnya, dikhawatirkan aplikasi Phone Cleaner justru pada akhirnya mengguyur ponsel Anda dengan banyak iklan. Baca juga: Sambaran Petir Telah Memicu Kehidupan di Bumi Awal
(iqb)
preload video
Komentar Anda