Panduan Mencegah Serangan Aplikasi Berbahaya dari OS Android

Jum'at, 19 Maret 2021 - 07:54 WIB
loading...
Panduan Mencegah Serangan Aplikasi Berbahaya dari OS Android
Saat Play Store mulai menarik lebih banyak pengguna, banyak aplikasi langsung masuk ke pasar aplikasi tersebut. Namun tak semuanya berniat baik. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ekosistem Android pertama kali menjadi populer hampir satu dekade lalu dan ini menjadikannya sebagai sasaran oleh para penjahat siber guna meraup keuntungan. Google saat itu merintis dan menyederhanakan pengalaman ponsel cerdas untuk ratusan juta pengguna di seluruh dunia.

Salah satu perangkat lunak yang benar-benar meroket dalam popularitas kolektif adalah aplikasinya. Ini pada dasarnya adalah program komputer yang dirancang untuk digunakan pada ponsel cerdas.

Saat Play Store mulai menarik lebih banyak pengguna, tidak butuh waktu lama bagi beberapa aplikasi hebat untuk mulai dikembangkan secara beramai-ramai. Tidak hanya berguna untuk kehidupan sehari-hari, tapi juga menawarkan tingkat kenyamanan dan akses ke informasi yang belum pernah terjadi sebelumnya di era informasi.

Tetapi itu juga berarti mereka yang memiliki niat jahat ikut dalam rombongan yang sama. Ini berarti ada banyak aplikasi yang harus dicoba dan dihindari pengguna sebanyak mungkin.

Karena itu, kewaspadaan pengguna ponsel berbasis OS Android patut waspada terhadap apa yang diunduh di pasar aplikasi, Google Play Store. Dilansir dari technologies.co.uk, berikut ini panduan bagi pengguna Android agar lebih berhati-hati memilih menggunakan aplikasi:

Aplikasi Cuaca
Mampu mengetahui cuaca dengan satu sentuhan jari adalah konsep yang brilian pada awalnya. Setiap orang perlu membuat rencana sebelumnya untuk hari atau akhir pekan mereka dan memiliki akses ke cuaca.

Sayangnya popularitas genre aplikasi cuaca juga menjadikannya sebagai target oleh para penjahat siber. Dan tidak lama kemudian, Play Store dipenuhi aplikasi cuaca yang meminta akses telepon yang tidak diperlukan oleh aplikasi cuaca sederhana.

Saat memilih aplikasi cuaca, yang terbaik adalah men-download yang memiliki reputasi baik. Atau diberdayakan oleh perusahaan terkenal, seperti Google.

Aplikasi Media Sosial
Media sosial telah mengubah cara kita berkomunikasi satu sama lain. Sedangkan onsel cerdas memberikan peluang sempurna untuk mengambil tingkat komunikasi itu dan menjadikannya mobile.

Tetapi mulai awal tahun 2000-an, platform media sosial dengan cepat mengetahui betapa menguntungkannya mengumpulkan data pengguna dan menjual iklan bertarget. Ketika perusahaan yang sama ini membuat aplikasi untuk berbagai perangkat di pasar, mereka memastikan untuk mengemasnya penuh dengan pencatatan dan bentuk pengumpulan data lainnya untuk mencoba dan mempelajari semua yang mereka bisa tentang penggunanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2782 seconds (0.1#10.140)