WhatsApp Kirim Pengingat: Terima Aturan Privasi Baru atau Diblokir!

Selasa, 09 Maret 2021 - 21:12 WIB
loading...
WhatsApp Kirim Pengingat: Terima Aturan Privasi Baru atau Diblokir!
WhatsApp kembali mengingatkan pengguna untuk menyetujui pembaruan aturan privasi baru jika ingin melanjutkan layanan di platform. Foto/Ist
MENLO PARK - WhatsApp sudah memiliki pembaruan berupa aturan privasi baru yang harus diterima semua penggunanya kalau mereka ingin melanjutkan layanan di platform. Baca juga: Siap-siap, WhatsApp Stop Beroperasi di iPhone Lawas

Pembaruan ini sempat menjadi perdebatan di ruang publik pada bulan Januari lalu. Facebook pun melonggarkan deadline dengan memberikan waktu hingga 15 Mei kepada pengguna untuk mengambil keputusan tentang aturan privasi baru.

Kalau Anda tidak menerima syarat dan ketentuan baru pada atau sebelum tanggal ini, maka WhatsApp akan memblokir Anda dari mengirim atau menerima pesan apa pun melalui platform.
WhatsApp Kirim Pengingat: Terima Aturan Privasi Baru atau Diblokir!

Menjelang tanggal 15 Mei, lapor Giz China, WhatsApp kini mengirimkan pengingat tentang syarat dan ketentuan baru. Beberapa hari lalu, sejumlah pengguna mendapat pesan pop-up tepat setelah aplikasi diluncurkan.

Pesan pop-up ini untuk mengingatkan pengguna tentang persyaratan dan kebijakan privasinya yang baru. Bagian dari pesan itu berbunyi "Terima pembaruan ini untuk terus menggunakan WhatsApp".

WhatsApp juga telah memberikan implikasi jika pengguna tidak menerima aturan privasi baru. Kata perusahaan itu dalam sebuah posting blog: “WhatsApp tidak akan menghapus akun Anda. Namun, Anda tidak akan memiliki fungsionalitas penuh dari WhatsApp sampai Anda menerima… Untuk waktu yang singkat, Anda akan dapat menerima panggilan dan pemberitahuan, tetapi tidak akan dapat membaca atau mengirim pesan dari aplikasi.”
WhatsApp Kirim Pengingat: Terima Aturan Privasi Baru atau Diblokir!

Guna menekan emosi pengguna, WhatsApp, mengatakan, "Sebagai pengingat, kami sedang membangun cara baru untuk mengobrol atau berbelanja dengan bisnis di WhatsApp yang sepenuhnya opsional ... Pesan pribadi akan selalu dienkripsi ujung ke ujung, jadi WhatsApp tidak bisa membaca atau mendengarkan mereka. Dalam beberapa minggu mendatang, kami akan menampilkan spanduk di WhatsApp yang memberikan lebih banyak informasi yang dapat dibaca orang dengan kecepatan mereka sendiri. Kami juga menyertakan lebih banyak informasi untuk mencoba dan mengatasi masalah yang kami dengar. Nantinya, kami akan mulai mengingatkan orang-orang untuk meninjau dan menerima pembaruan ini untuk tetap menggunakan WhatsApp."



Kesimpulannya, jika Anda menyukai aplikasi ini, Anda tidak punya pilihan selain menerima persyaratan.

Apa yang benar-benar baru dalam "Syarat dan Ketentuan" ini? Akhir tahun lalu, ada tudingan bahwa aplikasi membutuhkan cara untuk Facebook guna mengumpulkan lebih banyak data pribadi. Hanya perusahaan dengan tegas membantah klaim tersebut.

Ketentuan baru ditegaskan tidak memberi Facebook akses ke data apa pun dari informasi pribadi pengguna. Sebenarnya, ini hanya akan berdampak pada percakapan dengan akun bisnis.

Percaya? Baca juga: Dunia Kekurangan Pasir, Produksi Vaksin COVID-19 Bisa Berhenti
(iqb)
preload video
Komentar Anda
TEKNO UPDATE