Microsoft Teams Akhirnya Hadirkan Dukungan Enkripsi End-to-End

Kamis, 04 Maret 2021 - 13:02 WIB
loading...
Microsoft Teams Akhirnya Hadirkan Dukungan Enkripsi End-to-End
ilustrasi coding data pengguna PC. FOTO/ IST
REDMOND - Microsoft akhirnya menambahkan dukungan dukungan enkripsi end-to-end untuk Microsoft Teams mulai akhir tahun ini.

Pratinjau enkripsi end-to-end ini akan tersedia pada paruh pertama tahun ini tapi khusus bagi pelanggan berbayar.

Baca JUGA - Sudah Terasa di Jakarta Utara, Fenomena TC 98S Harus Diwaspadai

Selain itu, pratinjau awal ini masih akan dibatasi pada panggilan tak terjadwal 1: 1. Namun ke depannya, Microsoft berencana untuk memperluas ke panggilan terjadwal dan rapat online lainnya.

Mengutip The Verge, Kamis (4/3/2021), fitur keamanan enkripsi end-to-end akan bermanfaat untuk menjaga keamanan percakapan yang sifatnya rahasia. Misalnya panggilan antar karyawan dan staf IT ketika membicarakan password.



Saat ini, Microsoft Teams memang tidak mendukung enkripsi end-to-end untuk rapat. Data dienkripsi saat transit dan saat istirahat, dan ini memungkinkan layanan resmi mendekripsi konten untuk tujuan catatan penyimpanan data.

Microsoft saat ini menggunakan enkripsi SharePoint untuk mengamankan file at-rest dan enkripsi OneNote untuk catatan yang disimpan di Microsoft Teams. Semua konten obrolan di Teams juga dienkripsi saat transit dan saat istirahat.

BACA JUGA - Sudah di Depan Mata, Kosmolog Pastikan Ancaman Nyata Penduduk Bumi Bukan COVID-19

Pesaing utama Microsoft Teams, Slack, juga tidak menggunakan enkripsi ujung ke ujung. Sementara Zoom sudah mulai menerapkan teknologi end-to-end pada bulan Oktober dan secara bertahap menambahkan lebih banyak fitur.
(wbs)
preload video
Komentar Anda