Kelebihan dan Kekurangan Jika Indosat Ooredoo dan 3 Indonesia Bergabung

Selasa, 23 Februari 2021 - 20:33 WIB
loading...
Kelebihan dan Kekurangan Jika Indosat Ooredoo dan 3 Indonesia Bergabung
Ilustrasi 3 Indonesia . FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Rencana penggabungan bisnis antara Indosat Ooredoo dan 3 Indonesia masih ditunggu-tunggu kelanjutannya. Sejauh ini belum ada keterangan resmi dari kedua perusahaan mengenai hasil dari negosiasi ini.

Namun, sejumlah prediksi telah bermunculan, mengira-ngira akan seperti apa bisnis atau layanan yang dilahirkan dari penggabungan kedua provider tersebut.



Salah satunya muncul dari perusahaan analitik mobile, Opensignal, yang melihat jika kesepakatan ini selesai, para pengguna mungkin perlu menunggu berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun sebelum dapat merasakan semua manfaat merger ini.

Sebab, biasanya operator membutuhkan waktu untuk mengintegrasikan jaringan yang ada dan menciptakan sinergi. Tetapi, beberapa perubahan tentu bisa datang lebih cepat.

Opensignal juga telah menganalisa, bahwa menggabungkan pengalaman pengguna operator Indosat Ooredoo dan 3 Indonesia menghasilkan skor yang menurun antara skor masing-masing kedua operator tersebut.

Meskipun Indosat Ooredoo mencetak kecepatan unduh dan unggah rata-rata yang lebih cepat dibandingkan dengan 3 Indonesia, namun 3 Indonesia menunjukkan pengalaman yang lebih baik pada metrik yang diukur berdasarkan pengalaman streaming video dan bermain game online.

Hal ini menunjukkan jika kedua operator bergabung, tidak hanya pengguna smartphone dari salah satu operator saja yang akan merasakan peningkatan pengalaman rata-rata, tetapi pengguna kedua operator tersebut juga akan merasakan peningkatan di sejumlah kategori pengalaman mobile.

Kendati demikian, pada saat yang bersamaan juga mengalami penurunan di kategori lain. Hal ini menunjukkan bagaimana kedua operator tersebut bersinar pada kategori pengalaman mobile yang berbeda.

Dari empat kategori pengalaman mobile yang dianalisa Opensignal, hanya pengalaman mobile gaming dan pengalaman kecepatan unggah yang menunjukkan gabungan skor yang lebih tinggi dari rata-rata nasional apabila Indosat Ooredoo dan 3 Indonesia bergabung.



Sementara, pengalaman kecepatan unduh dan pengalaman streaming video berada di bawah Telkomsel, karena operator plat merah ini memiliki pangsa pelanggan mobile terbesar di Indonesia.

Dengan begitu, maka akan lebih menantang bagi perusahaan gabungan Indosat Ooredoo dan 3 Indonesia untuk mengejar rata-rata nasional pada dua kategori tersebut.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2143 seconds (0.1#10.140)