Pencarian Sejumlah Sektor Utama di Google Alami Perubahan selama Pandemik

Selasa, 23 Februari 2021 - 20:01 WIB
loading...
Pencarian Sejumlah Sektor Utama di Google Alami Perubahan selama Pandemik
Ilustrasi Google. FOTO/ Ist
A A A
JAKARTA - Selama pandemi Covid-19, terjadi perubahan di sejumlah sektor utama di Indonesia, berdasarkan pencarian Google. Hal itu diungkapkan Google melalui laporan Year In Search 2020, yang diumumkan secara virtual, Selasa (23/2/2021).

Selama periode satu tahun dari November 2019 - Oktober 2020, perubahan pencarian di Google antara lain terkait perawatan kecantikan dan tubuh. Seiring adaptasi rutinitas kecantikan di masa new normal, hal yang dicari pengguna di internet juga ikut berkembang.

BACA JUGA - Mahkluk Bersisik Besi Penghuni Gunung Berapi Terungkap

"Penelusuran “cara mewarnai rambut sendiri” naik 95% dan “cara menghilangkan gigi hitam” naik 30%," jelas Muriel Makarim, Head of Large Customer Marketing Google Indonesia, saat konferensi pers Year In Search 2020.

Kemudian perubahan juga terjadi di keuangan, karena semakin banyak orang Indonesia yang meningkatkan pengetahuannya di bidang keuangan untuk mempersiapkan masa depan.

Adapun penelusuran terkait “reksadana” naik 210%, “tips menabung” naik 140%, “dana darurat” naik 140%, dan “beli emas online” naik 85%.

Sektor makanan dan minuman juga mengalami peningkatan. Pandemi Covid-19 telah membuat konsumen untuk tetap di rumah saja dan memesan makanan atau minuman dari rumah. Sehingga penelusuran “pesan antar” menurut Google naik 35%.

Selain itu, media dan hiburan ikut meningkat, karena semakin banyak konsumen yang beralih ke internet untuk mencari informasi dan hiburan. Alhasil, penelusuran “gaming” naik 210%, “olahraga” naik 200%, dan ”musik” naik 240%.

Lebih lanjut, Muriel memaparkan, sektor belanja juga meningkat karena orang Indonesia menghindari pergi ke supermarket dan lebih memilih belanja daring.

"Penelusuran untuk “produk segar” naik 90%, “deterjen” naik 26%, dan “ergonomis” naik 155%," imbuhnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1606 seconds (0.1#10.140)