Biar Biaya Telekomunikasi Murah, XL Axiata Intensif Uji Coba Open RAN

Kamis, 11 Februari 2021 - 02:31 WIB
loading...
Biar Biaya Telekomunikasi Murah, XL Axiata Intensif Uji Coba Open RAN
XL Axiata berharap penerapan teknologi Open RAN bisa menjadi solusi untuk pembangunan jaringan secara lebih efisien dan efektif. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) mendukung pemerataan penyediaan jangkauan jaringan pita lebar ke seluruh Indonesia. Misalnya dengan mengimplementasikan inovasi dan inisiatif penerapan teknologi baru yang lebih efektif dan efisien, yakni Open RAN (Radio Access Network).

Implementasi ini diawali dengan melakukan ujicoba Open RAN yang berhasil dilakukan diintegrasikan ke jaringan yang sudah ada (existing network) di Ambon pada Februari ini. “Kami serius dan terus melakukan berbagai upaya untuk mewujudkan komitmen mendukung pemerintah membangun dan menyediakan jaringan telekomunikasi ke berbagai wilayah di Indonesia. Salah satu upayanya adalah dengan mencoba mengimplementasikan teknologi Open RAN ini, dengan melakukan uji coba terlebih dahulu," kata Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, Rabu (11/2/2021).

Harapannya, ujar dia, penerapan teknologi ini bisa menjadi solusi untuk pembangunan jaringan secara lebih efisien dan efektif, khususnya di area-area pelosok luar Jawa. Saat ini uji coba sedang berada pada tahap uji layanan, fungsionalitas, kapabilitas, dan performance.

"Progres uji coba test call pada jaringan 3G (CS fallback) dan OTT call di jaringan 4G juga telah berhasil dilakukan, dan saat ini dalam proses monitoring untuk kinerja dan kestabilan. Untuk uji coba ini kami melakukannya bersama Mavenir sebagai partner penyedia teknologinya,” kata I Gede Darmayusa.

Gede mengutarakan, serangkaian uji coba yang dilakukan saat ini baru merupakan tahap awal. Eksplorasi lebih lanjut diperlukan untuk benar benar memahami karakteristik Open RAN ini, termasuk memahami mekanisme operasional jaringannya. Dalam uji coba ini, sejumlah aspek yang dicermati antara lain meliputi layanan, fungsionalitas, kapabilitas, dan performance dari perangkat Open RAN ini.

"Untuk itu, dilakukan uji coba untuk call services, data browsing, upload dan download, aksesibilitas dan retainability, availabilitas dan mobilitas (handover), serta utilisasi dan kualitas jaringan," tambahnya.

Menurut Gede, pada 2021 ini XL Axiata berencana melakukan uji coba Open RAN dengan partner teknologi lainnya. Ini guna mendapatkan lebih banyak pilihan sebelum implementasi. Uji coba tersebut sekaligus guna membandingkan kualitas kinerja dan kemampuan dari partner teknologi.

Proses selanjutnya setelah uji coba tahap awal ini adalah pilot project deployment Open RAN. Langkah itu untuk memastikan lebih lanjut seberapa besar manfaat yang bisa dihadirkan teknologi ini.

Ambon dipilih XL Axiata sebagai lokasi uji coba Open RAN dengan pertimbangan, area ini memiliki potensi bisnis yang cukup baik untuk ekspansi jaringan di masa mendatang. Dengan berhasilnya uji coba di Ambon membuka peluang implementasi Open RAN di seluruh area rural Indonesia, termasuk di Kawasan Indonesia Timur.

"Ini nanti memang akan kami terapkan guna mendukung upaya memperluas jaringan di peloso-pelosok daerah, termasuk dalam mendukung program pemerintah dalam penyediaan jaringan internet ke desa-desa terpencil,” lanjut Gede.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5841 seconds (0.1#10.140)