Aplikasi Pesan yang Direkomendasikan SAFEnet sebagai Pengganti WhatsApp

Sabtu, 30 Januari 2021 - 22:01 WIB
loading...
Aplikasi Pesan yang Direkomendasikan SAFEnet sebagai Pengganti WhatsApp
Meski tak sepopuler WhatsApp, tetapi SAFEnet yakin aplikasi-aplikasi ini lebih aman. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Seiring dengan semakin sadarnya masyarakat akan keamanan data di internet, banyak orang yang mulai bingung memilih aplikasi perpesanan untuk digunakan. Namun, WhatsApp masih menjadi idola meski terhembus berbagai isu keamanan.



Sebenernya ada beberapa aplikasi lain yang menjamin keamanan data penggunanya, bukan hanya sekadar jargon atau iming-iming belaka. Sayangnya, aplikasi-aplikasi tersebut tidak sepopuler WhatsApp.


SAFEnet memiliki beberapa rekomendasi alternatif aplikasi percakapan dan perpesanan singkat, yang bisa digunakan jika ingin pindah dari WhatsApp.

Signal

Aplimasi percakapan gratis ini memiliki end-to-end encryption . Protokol Signal dengan kode terbuka menjaga percakapan pengguna tetap aman. Signal juga memiliki opsi agar pesan menghilang dengan sendirinya untuk percakapan yang bersifat sensitif.

Baca Juga: Hati-Hati! Berikut Ini Kriteria Aplikasi Komunikasi yang Aman Digunakan

Wire

Wire menyediakan percakapan privat antar orang-per-orang atau di dalam kelompok, komunikasi lewat suara dan berbagi berkas dengan end-to-end encryption. Pengguna dapat mendaftarkan diri menggunakan surel atau nomor telepon. Jika pengguna mendaftar lewat surel, SAFEnet merekomendasikan untuk menggunakan layanan surel seperti Protonmail atau Tutanota.

Session

Aplikasi ini juga menjadi rekomendasi untuk digunakan, karena berkode terbuka, dengan enkripsi , dan desentralisasi server untuk memiminalkan resiko serangan digital. Tidak diperlukan email atau nomer telpon untuk menggunakan aplikasi ini.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2398 seconds (0.1#10.140)