Gila, POCO Nekad Batalkan Ribuan Transaksi Pembelian POCO M3, Ada Apa?

Rabu, 27 Januari 2021 - 19:10 WIB
loading...
Gila, POCO Nekad Batalkan Ribuan Transaksi Pembelian POCO M3, Ada Apa?
POCO Indonesia membatalkan sejumlah transaksi pembelian POCO M3 bernilai miliaran rupiah di Lazada. Foto: sindonews/danang arradian
A A A
JAKARTA - POCO Indonesia mengambil langkah berani. Mereka nekad membatalkan ribuan transaksi pembelian POCO M3 di marketplace Lazada . Tidak tanggung-tanggung, nilainya mencapai miliaran rupiah!

Mengapa transaksi itu sampai harus dibatalkan? Karena POCO Indonesia menganggap kejadian itu sudah tidak bisa ditoleransi lagi.



POCO dan Lazada menemukan sejumlah transaksi yang teridentifikasi sebagai aktivitas yang tidak wajar. Bahkan, bisa mengarah pada tindakan merugikan banyak pihak. Ada ribuan transaksi yang di duga dilakukan oleh segelintir pembeli saja.

Tapi, apa motifnya? Tidak lain adalah untuk menjual kembali produk POCO M3 yang di dapat melalui flash sale dengan harga di atas harga resmi.

Baca Juga: Kepala Pria Ini Digigit Buaya saat Berenang, Berhasil Lolos Secara Dramatis

Teorinya sederhana. Barang tidak tersedia di pasar, tapi permintaan sangat tinggi. Buntutnya, konsumen atau POCO Fans yang akan dirugikan. Karena mereka akan "dipaksa" membeli barang dengan harga jauh lebih mahal daripada harga resminya.

Kepada Sindonews, Product PR Manager Xiaomi Indonesia Andi Renreng mengakui bahwa keputusan ini sangat berani. Sebab, secara bisnis, bisa saja POCO Indonesia tutup mata. Toh, transaksi sudah terjadi dan POCO sudah untung.

Baca Juga: 5 Komposisi yang Harus Diketahui Pehobi Foto di Smartphone

Namun, Andi menyebut bahwa POCO lebih mementingkan para POCO Fans. Lebih tepatnya, mereka yang benar-benar ingin membeli POCO M3 namun tidak kebagian.

Gila, POCO Nekad Batalkan Ribuan Transaksi Pembelian POCO M3, Ada Apa?

Selain sudah siap kehilangan uang, Andi juga menyebut bahwa pihaknya juga siap menerima komplain jika ada POCO Fans yang transaksinya ikut dibatalkan. ”Karena itu, kami meminta maaf sebesar-besarnya. Semoga memahami bahwa kami melakukannya demi kepentingan bersama,” ujar Andi.

Baca Juga: Indeks Persepsi Korupsi Indonesia 2020 Turun Jadi 37 Setara Negara Gambia

Langkah Berani Demi POCO Fans
Langkah POCO Indonesia untuk membatalkan transaksi yang dianggap tidak wajar memang terbilang berani. Dengan klaim nilainya yang mencapai angka miliaran, maka jumlah transaksi yang dibatalkan pun jumlahnya sangat besar. Bisa mencapai ribuan, bahkan mungkin belasan ribu transaksi.

Andi Renreng menyebut ada dua tujuan yang ingin dicapai POCO. ”Pertama, sebagai komitmen bagi POCO untuk memastikan POCO fans bisa menikmati produk smartphone dengan harga resmi,” ujarnya.



Tujuan kedua, lanjut Andi, untuk membangun ekosistem penjualan dan distribusi di Indonesia yang lebih sehat. “Kami berkomitmen untuk melindungi konsumen dan memastikan semua orang mendapatkan kesempatan yang sama untuk mendapatkan inovasi dan teknologi dari smartphone POCO,” bebernya.

Flash Sale Ulang 29 Januari
Lalu, apa solusi berikutnya bagi POCO Fans? Pembatalan sebagian transaksi POCO M3 di Lazada akan diikuti dengan penjualan tambahan. Tepatnya, akan digelar pada Jumat, 29 Januari 2021 pukul 10.00 WIB di Lazada.

Adapun penjualan tanggal 2 Februari akan dilakukan sesuai jadwal semula.

POCO juga merekomendasikan bahwa jika ada konsumen yang terdampak oleh pembatalan, bisa mengikuti kembali flash sale ulang di 29 Januari.

Pada penjualan perdana POCO M3 pada 26 Januari, lebih dari 50.000 unit smartphone telah terjual dalam waktu lima menit pada tiga channel online yakni Lazada, Akulaku, dan mi.com, serta channel offline yakni Mi Store.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2392 seconds (0.1#10.140)