CEO XL Axiata Tegaskan Pentingnya Penguasaan Solusi Digital

Rabu, 27 Januari 2021 - 22:36 WIB
loading...
A A A
Baca juga: Kisah UMKM Lansia Digital: Digitalisasi Usaha untuk Semua, Termasuk Lansia

Pengembangan IoT
Masih terkait program pengembangan IoT dengan melibatkan mahasiswa, XL Axiata melalui X-Camp kembali menjalin kerja sama dengan delapan perguruan tinggi. Program ini dilaksanakan demi pengembangan ekosistem IoT di Indonesia, mengingat dari tahun ke tahun, permintaan atas solusi IoT untuk berbagai keperluan, termasuk bisnis, juga terus meningkat.

X-Camp sendiri merupakan Laboratorium pengembangan IoT milik XL Axiata. Direktur Teknologi XL Axiata, I Gede Darmayusa bersama para perwakilan kampus melakukan penandatanganan kerja sama secara virtual di acara XL Future Leaders National Conference 2021 di Jakarta, Minggu (24/1/2021).

Kedelapan kampus yang dimaksud adalah Universitas Syiah Kuala, Politeknik Negeri Bandung, Sekolah Vokasi IPB, Universitas Pertamina, ESQ Business School, Universitas Siliwangi, Universitas Esa Unggul, dan Universitas Pradita. Kerja sama ini akan meliputi antara lain pertukaran pengetahuan dan kapabilitas, pengembangan bersama produk IoT, serta riset.

“X-Camp akan menyediakan Lab IoT sebagai tempat magang, bahkan jika diperlukan akan menyediakan jaringan NbIoT di kampus. Dengan adanya kerja sama, para talenta IoT daerah bisa disalurkan ide-idenya untuk dikembangkan di XL Axiata. Sedang XL Axiata sendiri akan banyak mendapatkan talenta terpilih yang akan mendukung program-progam ke depan,” tutur I Gede.

Kerja sama dengan kalangan kampus ini sekaligus melanjutkan kerja sama serupa yang telah dilakukan dengan Universitas Brawijaya, Malang dan Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Program bersama tersebut sejauh ini telah menunjukkan hasil yang cukup positif. Beberapa produk IoT sudah berhasil dibuat dan siap dikembangkan untuk bisa dibawa ke ranah komersial.
(iqb)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7228 seconds (0.1#10.140)